Kapolda Bersama Gubernur Maluku Utara  Launching Lomba Kampung Tangguh Kieraha

Ternate, Haliyora.

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K. bersama Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc membuka secara langsung Launching Lomba Kampung Tangguh Kieraha Polda Maluku Utara Tahun 2021 di Kelurahan  Fitu, Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate, Jumat (05/02/2021).

Bacaan Lainnya

Pembukaan Lomba Kampung Tangguh Kieraha ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Gubernur Maluku Utara didampingi Kapolda Maluku Utara, Danrem 152/Babullah, Wakapolda Maluku Utara, Walikota Ternate, Dandim 1501/Ternate, Danlanal Ternate dan Kapolres Ternate.

Tidak hanya Launching Lomba Kampung Tangguh Kieraha, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Bhakti Sosial dan Panen Raya Ikan Nila di Danau Laguna Tenate yang merupakan Budidaya Ikan Nila terbesar yang ada di Kota Ternate.

Bhakti Sosial dan Panen raya serta Lomba Launching Program Kampung Tangguh Kieraha tersebut dihadiri juga oleh Pejabat Utama Polda Maluku Utara dan Pemangku Kepentingan Kelurahan Fitu serta masyarakat.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengucapkan terima kasih dan mendukung sepenuhnya Polda Maluku Utara dan jajarannya yang telah aktif melaksanakan Program Ke-14 Bapak Kapolri dengan Melaunching Lomba Kampung Tangguh Kieraha, ungkap Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya.

Satu kata yang patut kita lakukan yaitu bersinergi, bersatu, yang dilakukan baik pemerintah dan masyarakat, hal itu merupakan kunci untuk memperkuat ketahanan bangsa dan negara dalam menghadapi pandemi ini, ujar Gubernur Maluku Utara.

“Ini merupakan satu langkah positif yang wajib didukung dengan harapan akan membantu masyarakat. Lomba Kampung Tangguh juga memperkuat ketahanan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tandas Abdul Gani Kasuba.

Sementara Kapolda Maluku Utara menyampaikan bahwa guna mendukung kebijakan pemerintah pusat, Polri bersama stakeholder terkait menginisiasi terbentuknya 19.652 Kampung Tangguh Nusantara se- Indonesia.

“Dan pada hari ini Polda Maluku Utara beserta Polres Jajaran bekerja sama dengan stakeholder terkait di Provinsi Maluku Utara melaksanakan Launching Lomba

Kampung Tangguh Kieraha 2021 secara serentak di delapan Kabupaten dan dua Kota Madya di Maluku utara secara virtual,” ungkapnya.

Kapolda menambahkan, Kampung Tangguh tersebut diawaki oleh Babinkamtibmas sebanyak 368 desa, dan saat ini dilaunching Perlombaan Kampung Tangguh diikuti oleh 23 Desa/Kelurahan, dengan tujuan untuk merangsang  dan memotivasi pemangku kepentingan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah maupun Kepala Desa untuk bersama-sama denga masyarakat membangun Kampung Tanggung di daerahnya.

“Perlombaan Kampung Tangguh Kieraha yakni dilakukan Lomba Lingkungan Sehat Kieraha 2021. Aspek yang perlu diperhatikan dan dijadikan sebagai parameter penilaian yaitu lingkungan yang mempunyai protokol kesehatan dan mempunyai kemampuan mitigasi segala aspek yang ada di lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

Kapolda menyebutkan setidaknya ada empat  hal yang menjadi basis penilaian yaitu sosialisasi, preventif, kuratif dan keamanan.” Empat kriteria ini yang akan menjadi dasar penilaian,” ujar Kapolda.

Melalui Lomba Lingkungan Sehat, kata Kapolda, diharapkan setiap lingkungan sudah mampu menerapkan Protokol Kesehatan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas) untuk menekan terjadinya penyebaran Covid-19.

Usai Launching Lomba Kampung Tangguh Kieraha, dilaksanakan Bhakti Sosial dan Panen Raya Ikan di Danau Laguna Ternate disertai pemberian bantuan sosial berupa  Profil tank, Plastik Pertanian Mulsa, Polimer, Bibit Cabai, Bibit Sayuran, 500 Masker Kesehatan, 1.000 Masker Kain, 60 Botol Hand Sanitizer, 5 Karung Pakan Ikan, 1 Unit Alat semprot, 1 Dus Sabun Cuci, 5 Dus Vitamin C dan 250 Kg beras. (jae-1)

Pos terkait