PWI Malut Raih Penghargaan dari KPU

  • Whatsapp

TERNATE — Haliyora, Peran media dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut makin jelas tergambar setelah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malut menerima piagam penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara atas sinergitas antara lembaga dan institusi dalam menyukseskan pemilihan umum legislatif (pileg) serta pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) tahun 2019.

Penghargaan tersebut diterima langsung Ketua PWI Malut, Safrudin Ganda di Hotel Grand Dafam, Ternate pada Selasa (3/11). Selain PWI, penghargaan yang sama juga diberikan kepada RRI Ternate dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat dalam sambutannya mengatakan bahwa keterlibatan para stakeholder di Maluku Utara telah berhasil mendukung kerja penyelenggara pemilu di semua tahapan kegiatan.

Pudja juga menyinggung tentang partisipasi publik dalam hasil penilaian Indeks Demokrasi di Indonesia (IDI) provinsi Maluku Utara yang telah diumumkan oleh DPRD Malut dengan skor 72.

Hal tersebut, menurut Pudja, menunjukkan bahwa angka pertumbuhan demokrasi di Maluku Utara semakin membaik dalam penyelenggaraan pemilu. Meski idealnya adalah pencapaian angka 80 sebagai nilai minimal.

“Kami berharap, kita semua dapat terus bekerjasama, bergandengan tangan agar pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2020 nanti dapat berjalan aman, damai dan lancar. Tentunya itu akan berpengaruh terhadap pencapaian skor IDI kita di Maluku Utara. Semoga bisa mencapai nilai minmal 80 tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh, Pudja menambahkan bahwa penghargaan tersebut tidak hanya diberikan oleh KPU Malut, namun adalah penghargaan bersama KPU Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Maluku Utara.

“Penghargaan ini sangat sederhana, namun memiliki makna yang cukup luas. Karena dengan ini kita semua bisa berbangga atas hasil penyelenggaraan pemilu 2019,” lanjutnya. “Penghargaan ini juga diharapkan dapat memacu kita semua untuk lebih mempererat kerjasama guna terjaminnya penyelenggaraan pilkada serentak 2020 nanti yang aman, damai dan lancar.”

Terpisah, Ketua PWI Malut,Safrudin Ganda usai menerima piagam penghargaan, menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diterima oleh PWI Malut.

Menurut Dino, sapaan akrab Safrudin, penghargaan yang diterima PWI Malut membuktikan bahwa kinerja awak media dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan pemilu di Maluku Utara sudah berjalan cukup baik, meski belum maksimal.

“Adalah suatu kehormatan bagi kami dapat menerima penghargaan ini, mewakili seluruh wartawan di Maluku Utara. Meski belum terlalu maksimal, namun penghargaan ini membuktikan bahwa kinerja awak media sangat dihargai dalam rangka turut menyukseskan pelaksanaan pemilu. Kami akan terus berupaya meningkatkan kinerja dalam mengawal pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2020 nanti,” pungkasnya. (rbk)

Pos terkait