Walikota Tidore Siap Bantu Pengadaan Lahan Latihan TNI

  • Whatsapp

TIDORE — Haliyora, Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq beserta sejumlah Pejabat Utama Kodam melakukan kunjungan kerja ke Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara pada Senin (18/11).

Kedatangan Pangdam beserta rombongan dengan didampingi Danrem 152/Baabullah, Kol. Inf. Endro Satoto dan jajarannya disambut Walikota Tikep, Capt. Ali Ibrahim dan Forkompimda Kota Tikep.

Bacaan Lainnya

Diawali dengan acara tradisi “Joko Hale” atau injak tanah yang dipandu oleh tetua adat setempat, Pangdam kemudian melakukan tatap muka dengan Walikota dan Forkompimda di aula Kantor Walikota.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pangdam dan rombongan di Kota Tidore yang juga adalah bekas ibukota Irian Barat sekaligus basis utama kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam operasi pembebasan Irian Barat.

Capt. Ali Ibrahim juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pangdam XVI/Pattimura terkait dengan terbukanya kesempatan bagi putra-putra Tidore untuk menjadi anggota TNI lewat pendaftaran yang dibuka di Kodim 1505/Tidore.

“Pada beberapa tahun belakangan, Kodim sudah membuka pendaftaran dan melakukan penerimaan calon anggota TNI dari Tidore. Terdapat beberapa putra Tidore yang sudah menjadi anggota TNI, khususnya TNI AD. Kami sampaikan terimakasih atas tersedianya alokasi tersebut,” ujar Capt. Ali.

Lebih jauh, Walikota menambahkan bahwa pihaknya mendukung penuh apabila TNI dan Kodam XVI/Pattimura berencana untuk membangun fasilitas latihan bagi prajurit TNI di Tidore.

“Jika TNI dan Kodam memiliki rencana tersebut, kami dukung penuh dan siap membantu terkait dengan penyediaan lahannya. Di samping sebagai bentuk kerjasama kami dengan TNI, hal ini dimaksudkan agar di kemudian hari, makin banyak putra Tidore yang punya kesempatan untuk mengabdi sebagai benteng NKRI,” lanjutnya.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas sambutan hangat serta keramahan Walikota beserta seluruh masyarakat Tidore pada kunjungan kerjanya kali ini.

Pangdam berharap, masyarakat dan pemerintah Kota Tikep dapat terus menjaga situasi aman dan kondusif yang sudah berlangsung lama di wilayah Tidore. Lebih jauh, ia menambahkan bahwa keutuhan NKRI adalah prioritas utama dalam menjalankan segala aktifitas kehidupan bermasyarakat di Kota Tidore Kepulauan.

“Semoga kerjasama seluruh elemen masyarakat dengan TNI, dalam hal ini Kodim/1505 Tidore yang sudah berjalan baik selama ini, dapat terus ditingkatkan guna menjamin keamanan dan kenyamanan di wilayah Kota Tidore Kepulauan ini,” ungkap Pangdam.

Sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Ternate, Pangdam beserta rombongan menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan pemangku adat Kesultanan Tidore, Sowohi Kie Matiti, di Kleurahan Gurabunga, Tidore. (ata)

Pos terkait