Desak Pengesahan UU Daerah Kepulauan, PP Malut Sambangi Ketua MPR

  • Whatsapp

JAKARAT — Haliyora, Upaya mendorong dan mendesak pengesahan UU Daerah Kepulauan terus dilakukan oleh Majelis Pengurus Wilayah Pemuda Pancasila Maluku Utara (MPW PP MALUT). Upaya tersebut dilakukan sekaligus menindaklanjuti rekomendasi Musyawarah Besar (Mubes) X Pemuda Pancasila, akhir Oktober lalu.

Selain berkoordinasi dengan Pemprov Maluku Utara dan tujuh provinsi kepulauan lainnya, PP Malut pun terus menggalang dukungan dari berbagai elemen strategis bangsa. Penggalangan dukungan dan koordinasi juga dilakukan PP Malut dengan lembaga negara, yaitu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI dan MPR RI.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilakukan pada Senin (11/11/2019), rombongan PP Malut bersilaturrahmi dan mengadakan pertemuan dengan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua MPW PP Malut, Ikhi Sukardi Husen dengan didampingi Junaidi, Rafiq Kailul dan Iksan Lutfie itu, diterima oleh Ketua MPR RI di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, PP Malut menyampaikan desakan agar RUU Daerah Kepulauan menjadi prioritas untuk segera ditetapkan sebagai Undang-Undang.

“PP Malut meminta MPR RI untuk ikut memperhatikan kepentingan daerah kepulauan melalui percepatan pengesahan UU tersebut,” ungkap Ikhi Sukardi.

Lebih jauh, Ikhi Sukardi menambahkan bahwa kunjungan ini juga bertujuan untuk meminta kesediaan Ketua MPR RI agar berkenan hadir dalam kegiatan Seminar Nasional Daerah Kepulauan yang digagas oleh PP Malut.

“Kegiatannya sendiri diagendakan akan berlangsung pada akhir Januari 2020 nanti,” lanjut Ikhi Sukardi yang juga adalah Ketua Panitia kegiatan seminar tersebut.

Sementara itu, Ketua MPR RI menyambut baik undangan dari PP Malut untuk menghadiri seminar nasional daerah kepulauan sekaligus menyampaikan kesediaan untuk menjadi pembicara kunci dalam kegiatan tersebut.

“Insya Allah akan saya hadiri. Saya juga meminta semua pihak untuk sama-sama merekomendasikan RUU Daerah Kepulauan agar dapat segera disahkan,” kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Menurut Bamsoet, yang juga bagian dari Majelis Pengurus Naional Pemuda Pancasila dengan jabatan sebagai salah satu Wakil Ketua Umum, Pemuda Pancasila harus terus ikut berkontribusi terhadap pembangunan nasional. “Salah satu caranya adalah dengan mendorong pengembangan daerah terluar dan terpencil,” ujarnya.

Turut hadir dalam kunjungan silaturrahmi tersebut, Yoris Raweyai, anggota DPR RI Dapil Papua, yang juga adalah kader Pemuda Pancasila. (mn)

Pos terkait