Beberapa Kepala SKPD Tak Hadiri Upacara Hari Pahlawan

  • Whatsapp

TERNATE – Haliyora, Pemkot Ternate pada Minggu (10/11) menggelar upacara Hari Pahlawan yang dipusatkan di halaman kantor walikota Ternate. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Walikota, Abdullah Taher. Hal ini disebabkan karena Walikota Ternate berhalangan hadir.

Wakil Walikota dalam membacakan sambutan Menteri Sosial mengatakan, kemerdekaan yang dinikmati oleh bangsa Indonesia saat ini, tidak datang begitu saja. Namun adalah berkat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat para pejuang itu haruslah terus ditumbuhkembangkan dalam hati sanubari segenap warga negara Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Bung Karno, salah satu The Founding Father, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, maka diharapkan dengan memperingati Hari Pahlawan ini, kita semua akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pejuang kita dahulu,” ujar Abdullah.

Ditambahkan juga bahwa peringatan Hari Pahlawan kali ini, yang mengusung tema “Pahlawan Masa Kini”, diharapkan dapat menjadi pembangkit semangat bagi segenap anak bangsa untuk terus berinovasi, mengembangkan diri guna menjadi pahlawan masa kini.

“Dahulu, perjuangan para pahlawan dalam bentuk pengorbanan tenaga, harta dan bahkan nyawa. Namun kini, setiap warga negara dapat menjadi pahlawan dengan memberi aksi nyata guna memperkuat keutuhan NKRI, menolong sesama dalam bentuk aksi kemanusiaan, tidak menyebarkan berita hoax yang mengandung isu provokatif dan tidak merugikan orang lain serta menahan diri dari perbuatan anarkis,” lanjut Abdullah dalam sambutannya.

Disampaikan pula bahwa saat ini semua warga negara bisa menjadi pahlawan dengan jalan memberi kemaslahatan bagi masyarakat dan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan guna mengharumkan nama bangsa di mata internasional.

Sekedar diketahui, Walikota Ternate berhalangan hadir karena sedang dinas ke luar daerah. Informasinya, Walikota memenuhi undangan dari sebuah tv swasta nasional untuk menjadi salah satu narasumber dalam sebuah program spesial memperingati Hari Pahlawan.

Sangat disayangkan, sesuai amatan haliyora.com, ketidakhadiran Walikota juga juga dibarengi dengan absennya beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkot Ternate.

Menurut keterangan yang didapat dari salah seorang pegawai yang tidak mau disebutkan namanya, absennya beberapa kepala SKPD tersebut disebabkan oleh keikutsertaan mereka dalam menemani Walikota pada acara yang diadakan oleh tv swasta tersebut.

“Kan tidak penting juga untuk ikut menemani Beliau. Tidak ada hubungannya dengan kerja-kerja kedinasan. Di samping itu, tidak mencerminkan semangat menghargai jasa para pahlawan,” tegasnya.

Upacara Hari Pahlawan yang digelar Pemkot Ternate tersebut diselingi dengan pemberian penghargaan kepada beberapa veteran pejuang kemerdekaan. (ata)

Pos terkait