Mulai Sabtu, APK Paslon Ditertibkan

  • Whatsapp

Jailolo, Haliyora.id

Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali mengingatkan para pasangan calon bupati/wakil bupati untuk tidak memasang alat peraga kampanye (APK) di tempat-tempat umum.

Bacaan Lainnya

“Kami ingatkan kepada paslon untuk tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di tempat-tempat umum, seperti menempel stiker, pasang spanduk atau baliho dan lain-lain, kecuali yang sudah ditetapkan KPU,”ujar komisioner Bawaslu Halmahera Barat Muhammadun Adam, Jum’at (25/09/2020).

Tempat umum dimaksudkan, kata Adun, seperti fasilitas pemerintah, geduang sekolah, puskesmas, tempat ibadah perkantoran dan lain-lain.

Pria yang akrab disapa Adun itu menyentil PKPU nomor 23 pasal 31 ayat (2) tentang Alat Peraga Kampanye (APK).

Dijelaskan, APK akan dicetak oleh KPU dan dipasang oleh paslon. Jumlah dan ukuran Alat Peraga Kampanye juga ditetapkan oleh KPU yakni Baliho disediakan untuk masing-masing paslon sebanyak 5 buah berukuran 4×7 m akan dipasang di Kabupaten, sedangkan Baliho untuk dipasang di bilboard berukuran 4×8 m juga sebanyak 5 buah per masing-masing paslon.

Alat peraga Kampanye berupa umbul-umbul berukuran 5 kali 1 m sebanyak 20 buah per paslon dan dipasang di kecamatan, Sedangkan bentuk spanduk berukuran 1,5×7 m sebanyak 2 buah per paslon dan dipasang di desa.

Ditambahkan pula, mulai tanggal 26 September 2020 besok, KPU akan melakukan penertiban alat peraga kampanye yang selama ini terpasang. Untuk itu Adun menghimbau agar tim masing-masing paslon dapat menertibkan atau membuka sendiri alat peraga kandidat yang sebelumnya sudah terpasang di tempat-tempat yang dilarang.

“kalau besok belum dibuka, maka Bawaslu akan turun menertibkan bersama Satpol PP,”ujarnya. (Riko-1)

Pos terkait