KPU Halsel Harap Masyarakat Aktif Kawal DPS

  • Whatsapp
Koordinator Divisi (Koordiv) Data KPU Halsel Rusna Ahmad

Halsel, Haliyora

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), membuka ruang tanggapan dari masyarakat terkait hasil pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang disahkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Bacaan Lainnya

Koordinator Devisi (Koordiv) Data KPU Halsel Rusna Ahmad, saat diwawancarai Haliyora.id melalui pesan whatsapp, Jumat (25/9), menuturkan bahwa KPU mendorong masyarakat untuk partisipasi dalam tahapan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS).

Partisipasi dimaksud, kata Rusna, agar masyarakat bisa mengkroscek nama-nama dalam DPS untuk memberikan masukkan kepada KPU sebelum memasuki tahapan penetapan DPT.

“untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam tahapan pengumuman DPS, KPU Halsel membuka Posko Faduli untuk pelayanan data pemilih di setiap desa yang tersebar di 249 Desa 30 Kecamatan dan di KPU Halsel,” jelasnya.

Lanjutnya, apabila terdapat pemilih yang kemudian belum terdaftar dalam DPS, agar segera melapor di posko faduli DPS yang sudah tersedia di Desa dan Kecamatan, atau datangi PPS desa setempat atau kecamatan setempat degan membawa E-KTP dan kartu keluarga (KK).

Hasil laporan akan ditindaklanjuti pada masa perbaikan DPS 29 September hingga Oktober 2020. DPS hasil perbaikan kemudian akan direkap dan ditetapkan menjadi DPT. Selanjutnya, hasil penetapan DPT akan diumumkan pada 28 Oktober hingga 6 Desember 2020, tuturnya.

Untuk diketahui, pada pleno penetapan DPS yang dilaksanakan KPU pada Senin 7 September 2020, lalu, jumlah DPS Halsel yakni 155.024 jiwa pilih. (Asbar-PN2)

Pos terkait