Kapolda Bantah Kedatangan Kapolri dan Panglima TNI Terkait Konflik di Natuna

  • Whatsapp

TERNATE — Haliyora, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Brigjen. (Pol) Suroto membantah bahwa kedatangan Kapolri dan Panglima TNI ke Morotai terkait konflik yang terjadi di perairan Natuna.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz dan Panglima TNI Maresekal TNI Hadi Tjahjanto, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulau Morotai.

Bacaan Lainnya

Kedua pimpinan tertinggi TNI dan Polri tersebut direncanakan akan tiba di Morotai pada hari Kamis (16/1) nanti.

Saat disinggung tentang kaitan kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI dengan konflik yang terjadi di perairan Natuna, Kapolda membantahnya.

Menurutnya, Kapolri dan Panglima TNI saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke wilayah-wilayah tertentu di Indonesia.

“Tidak ada itu. Tak ada kaitan sama sekali dengan persoalan di perairan Natuna. Kapolri dan Panglima TNI sekarang memang sedang keliling Indonesia. Melakukan kunjungan kerja,” tandasnya saat ditemui wartawan pada Selasa (14/1).

Kapolda menambahkan bahwa Morotai memang termasuk salah satu wilayah perbatasan dan wilayah terluar kedaulatan negara. Namun, kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI tidak terkait dengan konflik di perairan Natuna.

“Kapolri dan Panglima TNI akan meninjau pos-pos TNI dan Polri di pulau Morotai. Selanjutnya akan dilakukan tatap muka dengan anggota TNI dan Polri,” ujarnya.

Kapolda juga menjelaskan bahwa sejak kemarin (Senin 13/1-red), Kapolri bersama Panglima TNI sudah melakukan kunjungan kerja ke Makassar. Sesuai jadwal, keduanya akan melanjutkan kunjungan ke Morotai pada Kamis (16/1).

“Sejak kemarin, Kapolri dan Panglima TNI berkunjung ke Sulawesi Selatan, ke Makassar. Dari sana, Kapolri dan Panglima dijadwalkan akan berkunjung ke Morotai pada Kamis nanti. Rencananya, keduanya hanya sekitar empat jam di Morotai. Selanjutnya, kunjungan kerja akan dilanjutkan ke Ambon,” jelasnya.

Kapolda juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, situasi dan kondisi Morotai masih dalam keadaan aman. Baik dari segi kamtibmas, maupun dari sisi keamanan wilayah terluar dan perbatasan.

“Sampai saat ini, Pulau Morotai masih dalam keadaan aman dan kondusif. Baik kamtibmas maupun dari segi keamanan perbatasan dan wilayah terluar. Semuanya masih dalam keadaan aman,” tutupnya. (ata)

Pos terkait