Tim Uji Kelayakan Mabes Polri Beri Sinyal Polda Malut Bakal Naik Tipe A

  • Whatsapp

TERNATE, HALIYORA – Tim uji kelayakan dari Markas Besar (Mabes) Polri bakal memberikan sinyal kepada Polda Maluku Utara (Malut) untuk naik status dari tipe B ke tipe A, usai melakukan penilaian studi kelayakan yang  berlangsung selama 2 hari di Polda Malut.

“Setelah dari uji kelayakan ini secepatnya saya akan laporkan ke Pak Kapolri Jenderal Idham Aziz untuk usulan perubahan tipe Polda,” kata ketua tim uji kelayakan Mabes Polri Brigjen (Pol) Yasdan Rifai kepada wartawan Selasa (14/1/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, untuk studi kelayakan usulan perubahan tipe Polda,  tim dari mabes sudah melakukan penilaian di Polda Maluku Utara (Malut), yang berlangsung pada hari ini hingga besok. Jika sudah selesai, maka langsung kita laporkan ke Kapolri dan akan di usulkan juga ke MenPAN-RB, untuk selanjutnya MenPAN-RB juga lakukan kajian  soal rencana kenaikan  status tersebut.  “saat ini,  tim masih dalam tahapan proses penilaian hingga besok,” ungkapnya.

Terdapat 7 Polda di indonesia yang sementara mengusulan kenaikan status, termasuk Polda Maluku Utara. Tentu dengan penilaian ini banyak sisi yang akan kami nilai,  baik itu dari Personil, Kinerja Polda, Infrastruktur, SDM, dan berbagai macam dimensi lainnya yang akan dinilai oleh tim Mabes Polri. Tutup Yasdan.

“Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Suroto menambahkan untuk perubahan tipe Polda tidak semudah yang kita bayangkan, harus melalui prosedur dan aturan ketat yang akan kita lalui.” Memang Polda Malut sudah usulkan ke Mabes untuk naik menjadi tipe A, tetapi harus ada 9 dimensi dan 48 indikator yang harus dipenuhi, dan sekarang dari 9 dimensi serta 48 indikator sudah kami kumpulkan bahkan sekarang masih dalam tahapan penelitian.

Sekarang prosesnya masih berjalan dari masing-masing dimensi dan indikator, untuk dilihat daya dukungnya  seperti apa, sehingga Mabes Polri mengkaji layak apa tidak, setelah itu baru diusulkan ke MenPAN-RB barulah MenPAN-RB mengkaji lagi dan  melakukan pengecekan untuk naik status ke tipe A.

“Semua aspek sudah kami lampirakan  di laporan untuk dinilai oleh tim uji kelayakan Mabes Polri,” pungkasnya. (Ata)

Pos terkait