5 Kepala Daerah di Malut Diundang Hadiri Pelantikan Pengurus IKB-Makayoa

- Editor

Kamis, 25 November 2021 - 05:39 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Halsel, Maluku Utara- Jelang persiapan pelantikan ketua umum Ikatan Keluarga Besar Makian Kayoa (IKB Makayoa) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akan menggelar Pengukuhan Ketua Umum dan Pelantikan Pengurus di desa Sangapati Kecamatan Pulau Makian, Sabtu (27/11).

Pengukuhan dan pelantikan serta rapat kerja ke I itu merupakan hasil Musyawarah II IKB-Makayoa Halsel, dengan terpilihnya Hi Usman Sidik ,yang juga Bupati Halsel, sebagai Ketua Umum IKB Makayoa Periode 2021- 2025, secara aklamasi beberapa pekan kemarin, di Aula Kantor Bupati Halsel.

Ketua Harian IKB Makayoa Halsel, Walid Syukur dalam konferensi pers di disekretariat Makayoa bertempat di desa Hidayat, Bacan, Rabu (24/11/21) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Walid mengatakan, bahwa saat ini persiapan panitia pengukuhan dan pelantikan serta Rapat Kerja telah mencapai progres 80 persen.

“Kita sudah diinformasikan oleh ketua Panitia yang berada di desa Sangapati bahwa progres persiapan pelantikan sudah 80 persen, Insya Allah H-1 di hari jumat kesiapannya sudah mencapai 100 persen,” terang Walid.

Menurut Walid, pengukuhan Ketua Umum dan pelantikan pengurus IKB Makayoa Halsel bakal dihadiri 5000 undangan perwakilan masing-masing dari 136 desa mayoritas yang notabene orang Makian-Kayoa, sesepuh Makian Kayoa baik yang berada di Maluku Utara maupun di luar Maluku Utara dan sejumlah Kepala daerah yang berada di Maluku Utara.

“Untuk undangan dari luar pulau Makian telah disiapkan transportasi laut menuju pulau Makian. Yang berada di Bacan disiapkan satu buah kapal dan sejumlah speed boat, titik kumpulnya di Labuha, berangkat ke Makian Sabtu Pagi. Begitu juga dengan undangan yang berada di Ternate, pesisir Gane dan Pulau-pulau Kayoa telah disiapkan sejumlah transportaso laut menuju Pulau Makian, begitu juga dengan kembalinya undangan yang berasal dari luar pulau Makian” ungkap Walid yang juga Kabid Bina Marga DInas PUPR Halsel.

BACA JUGA  Tak Punya Biaya, Bayi 6 Bulan Penderita Hidrosefalus Asal Morotai Tak Berdaya

Sekretaris Umum (Sekum) IKB Makayoa, Mahdi Jasim menjelaskan, Kegiatan yang nanti digelar di lapangan desa Sangapati itu dibagi dua tahapan, yakni Pertama, pengukuhan Ketua Umum oleh salah satu sesepuh mewakili sesepuh Makayoa Maluku Utara yang disaksikan langsung para Imam Masjid di Pulau Makian. Kedua pelantikan pengurus yang dilantik oleh Ketua Umum IKB Makayoa Halsel.

“kita akan sedikit sakralkan prosesi pengukuhan Ketua Umum yang nanti dikukuhkan oleh sesepuh seperti Dr Rifai Umar, Jafar Umar, Salim Halid dan atau yang lainnya. Setelah prosesi pengukuhan baru dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu pelantikan Pengurus dibawah ketua harian, wakil-wakil ketua dan sebagainya, oleh Ketua Umum,”tuturnya.

Untuk Undangan sesepuh dari luar Maluku Utara, tambah Mahdi, yang telah mengkonfirmasi kesiapannya untuk hadir pada acara Pengukuhan dan pelantikan yakni Sekjen Kemendes, Taufik Majid, Anggota DPD RI, Ikbal Djabid dan beberapa sesepuh IKB Makayoa yang sedang berada di Ibukota Negkonferensi epala daerah di didalam wilayah propinsi Maluku Utara yang mengkonfirmasi siap hadir yaitu, Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim, Bupati Halteng, Edi Langkara, Bupati Pulau Morotai, Beny Laos, dan Bupati Taliabu, Aliong Mus serta Wakil Walikota Ternate, Jasri Usman,” tandasnya.

BACA JUGA  Cuaca Buruk, BPBD Sula Minta Warga Waspada saat Melaut

Mahdi bilang, Panitia telah menyiapkan penjemputan para tamu dari luar pulau makian mulai dari laut sampai pada penjemputan di darat.

“Jadi ada dua jenis penjemputan yaitu dilaut itu dengan model Ngoru-ngoru, yaitu dilaut dengan sejumlah armada laut yang berada dipesisir pulau Makian, dan didarat itu dengan tari-tarian adat Makian Kayoa,” terangnya.

Setelah selesai rangkaian prosesi pengukuhan dan pelantikan, agenda kegiatan akan dilanjutkan dengan Rapat Kerja yang digelar di Taman Budaya Kebun Karet, Bacan pada 29 November 2021.

“Jadi agenda acara Pengukuhan dan pelantikan itu digelar mulai 27 sampai 28 November 2021, setelah itu baru dilanjutkan dengan Rapat Kerja pada 29 November 2021. sampai selesai, bertempat di Canga Matau, Taman Budaya di Bacan,” pungkasnya.

Diketahui, Pengurus IKB Makayoa yang berkesempatan hadir dalam Konfrensi Pers bersama sejumlah wartawan media online maupun media cetak di Sekretariat Makayoa yaitu, Ketua Harian IKB Makayoa, Walid Syukur, Sekretaris Umum, Mahdi Jasim, Bendahara Umum, Ikbal Hi Mustafa dan Wakil Ketua Fahri Husen. (Asbar-***)

Berita Terkait

Bertajuk Relief 2024, PLN Bagi-bagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan ke Warga Ambon Serta Hadirkan Electrifying Lifestyle
PLN UIW MMU Gelar Safari dan Bagi-bagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah
Alhamdulillah, Pemda Taliabu Segera Bayar Gaji Pengurus Masjid Raya Bobong
Lirik Geliat Ekonomi Kampung Ramadhan di Sula
Ini Besaran Zakat Fitrah Perjiwa di Sula
Pedagang Ikan di Basanohi Sula Bakal Direlokasi ke Pasar Baru
Cerita Pilu Para Petugas Sampah di Morotai
Pulau di Pasifik Itu Kini Berusia 15 Tahun
Berita ini 945 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:35 WIT

SK Plt Sekda Malut Terbit, Salmin : TTP dan THR Segera Cair

Kamis, 28 Maret 2024 - 23:09 WIT

Deretan 7 Ketua Parpol di Malut yang Tumbang pada Pileg 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:53 WIT

Perbaiki Tower Radio Milik PLN di Morotai, Seorang Pekerja Tewas Usai Jatuh dari Ketinggian 30 Meter

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:41 WIT

Pengakuan AGK Bikin Kuasa Hukum Adnan Optimis

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:36 WIT

GPM Malut Minta KPK Periksa Bupati dan Sekda Taliabu

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:25 WIT

Anggaran Untuk Lahan Bandara Taliabu tak Masuk APBD 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:39 WIT

Siapkan Rp 13,7 Miliar, Awal April Pemda Sula Bayar THR ASN

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:56 WIT

Prof. Cen Minta Plt Gubernur Malut Buktikan Kalau Pansel Nepotisme

Berita Terbaru

Salmin Janidi

Headline

SK Plt Sekda Malut Terbit, Salmin : TTP dan THR Segera Cair

Jumat, 29 Mar 2024 - 00:35 WIT

Foto gedung DPRD Provinsi Maluku Utara dan DPR RI

Headline

Deretan 7 Ketua Parpol di Malut yang Tumbang pada Pileg 2024

Kamis, 28 Mar 2024 - 23:09 WIT

Sidang kasus OTT eks Gubernur Malut, AGK dengan terdakwa mantan Kadis PUPR, Daud Ismil yang digelar di PN Tipikor Ternate, Rabu (27/03). foto/echal

Headline

Pengakuan AGK Bikin Kuasa Hukum Adnan Optimis

Kamis, 28 Mar 2024 - 21:41 WIT

Ketua DPD GPM Maluku Utara, Sartono Halek

Headline

GPM Malut Minta KPK Periksa Bupati dan Sekda Taliabu

Kamis, 28 Mar 2024 - 21:36 WIT

error: Konten diproteksi !!