Pekan Depan, Kemenag Halbar Pantau Hilal

Kepala Tata Usaha Kemenag Halbar, Muchdar Mustafa

Jailolo, Haliyora

Jelang Ramadhan 1442 Hijriah, Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan menggelar pemantauan Hilal sekaligus mensosialisasikan edaran Kemenag RI terkait Panduan Ibadah.

Bacaan Lainnya

Kepala Tata Usaha Kemenag Halbar, Muchdar Mustafa ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (07/04/21), mengatakan pemantauan Hilal tahun 1442 Hijriah akan dilaksanakan pada pekan depan.

“Senin pekan depan Kemenag Halbar bersama pengadilan agama, tokoh agama serta para Kepala KUA di Halmahera Barat memantau hilal pada pukul 17.00 WIT,” ungkapnya.

Dikatakan, lokasi pantauan hilal  masih di pantai RTB desa Susupu. “Pantai RTB Desa Susupu masih menjadi tempat untuk dilakukan pemantauan, karena lokasinya sangat efektif,” ungkapnya.

Muchdar juga mengatakan bahwa Kementrian Agama Ri telah mengeluarkan Surat Edaran Kemenag nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 H.

Disebutkan panduan tersebut menjelaskan terkait ketentuan umat Islam dalam mengadakan shalat tarawih boleh dilaksanakan di masjid akan tetapi harus menggunakan prokes dan kapasitas jamaah dibatasi. ”Waktu pelaksanaan juga disesuaikan dengan ru’yaat. Jadi disaat waktu shalat harus sesuai jadwal imsyakiyah yang sudah ditentukan,” terangnya.

Katanya, selain shalat berjama’ah, buka puasa bersama juga dibolehkan asal tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

“Buka puasa bersama sudah diperbolehkan, demikian halnya dengan shalat idhul fitri dibolehkan di masjid maupun di lapangan terbuka, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan dan kapasitas jama’ah juga dibatasi sesuai dengan edaran Menteri Agama,” pungkasnya. (Elang-1)

Pos terkait