Tinjau Langsung Progres Jembatan Ake Buton, Kadis PUPR Malut Harap Segera Berfungsi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku Utara, Santrani Abusama, meninjau secara langsung perkembangan pembangunan Jembatan Ake Buton di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan

Halsel, Haliyora

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku Utara, Santrani Abusama, meninjau secara langsung perkembangan pembangunan Jembatan Ake Buton di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (7/10).

Bacaan Lainnya

Turut serta dalam kunjungan ini, Kepala Bidang Bina Marga Daud Ismail, Kabid Cipta Karya Risman Djafar, Kasi Perencanaan Bina Marga Jainudin, dan Kasi Pemeliharaan Jalan Muhammad Saleh.

Selain itu, kunjungan ini didampingi Salah satu anggota DPRD Halsel Dapil Obi, Mohtar Sumaila yang bertepatan melakukan Kunker di Desa Buton.

Saat tiba menggunakan Speed-Boat di Pelabuhan Laiwui desa Jikotamo, rombongan Dinas PUPR yang dijemput Kepala Desa dan Sekdes Buton itu langsung menuju lokasi pembangunan Jembatan Ake Buton.

Di sela-sela kunjungan Santrani mengungkapkan, kehadirannya di Obi guna memantau secara langsung proses pembangun jembatan agar bisa berjalan dengan baik, sehingga secepatnya dapat difungsikan.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pekerja, agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu serta selalu memperhatikan keselamatan dalam bekerja.

“Saya ingin tau kapan pemasangan konstruksi baja ini bisa diselesaikan? Saya harap secepatnya sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutur Santrani diamini Kades Kampung Buton.

Disampaikan Santrani, rencananya pada 2021 nanti akan ada pembangunan talud di Sungai Ake Buton guna menangkal air yang mengikis pinggiran sungai saat banjir datang.

Sementara, Kepala Pekerja Pembangunan Jembatan Ake Buton, Muslim menyampaikan, pekerjaan pemasangan kerangka Baja Jembatan Ake Buton sudah berjalan selama 12 Hari. Sedangkan untuk penyelesaiannya masih dibutuhkan waktu lebih kurang tiga minggu ke depan.

“Kalau tidak banjir, dalam tiga minggu lagi sudah selesai untuk pemasangan kerangka baja. Kalau banjir pekerjaan agak sedikiti terhambat karena Alat berat kita tidak bisa diturunkan ke sungai,” ungkap Muslim di hadapan Kadis PUPR, Santrani Abusama.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Buton, Amir La Siti mengungkapkan, masyarakat Desa Buton dan seluruh masyarakat Obi pada umumnya sangat berterima kasih atas kedatangan Kadis PUPR Malut yang bersedia memantau langsung pekerjaan pembangunan Jembatan Ake Buton.

“Torang orang Obi doakan semoga Pak Kadis dan beberapa stafnya yang datang ke Obi hari ini agar selalu diberi kesehatan. Torang orang Obi memang sudah lama tunggu jembatan ini bisa dibangun,” harapnya.

Usai meninjau Jembatan Ake Buton, Kadis PUPR Malut beserta rombongan menuju Kantor Desa Buton guna berdiskusi dan mendengar keluhan masyarakat. (Red-2)

Pos terkait