Mundur Dari Nasdem, Asgar Saleh Berlabuh ke Gerindra

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Keanggotaan Asgar Saleh di Partai Nasdem serta posisinya sebagai bakal calon Wakil Walikota Ternate mendampingi M. Hasan Bay, sempat menjadi polemik jelang tahapan pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah 4 September 2020.

Bacaan Lainnya

Pasalanya, sebagai kaders dan Sekretaris DPW Nasdem Maluku Utara, Asgar tidak mendapat dukungan dari partainya untuk maju pada Pilwako Ternate 9 Desember 2020.

Meski begitu, Asgar tetap melanjutkan langkah politiknya menjadi Wakil Walikota Ternate. Ia kemudian digandeng M. Hasan Bay untuk berpasangan.

Pasangan M.H asan Bay-Asgar Saleh kemudian diusung Patai Golkar, Gerindra dan Hanura sehingga secara agregat memenuhi persyaratan dukungan bapaslon 20 persen kursi parlemen untuk mendaftar ke KPU.

Walau tidak diusung, Namun NasDem awalnya enggan melepas Asgar dari keanggotaan partai. Di lain pihak Gerindra mengancam tidak akan ikut mendaftarkan bapaslon M. Hasan Bay-Asgar Saleh (MHB-Gas) ke KPU Ternate, jika Asgar tidak mudur dari keanggotaan Partai Nsdem.

Seperti berada di persimpangan, Asgar diperhadapkan dua pilihan, melepas keanggotaannya dari NasDem atau melepas peluang menjadi Wakil Walikota Ternate.

Dalam situasi seperti itu Asgar dituntut mengambil keputusan cepat dan tepat di saat pendaftaran pasangan calon hampir dimulai.

Dan akhirnya, pada Jum’at (04/09) Asgar Saleh memilih mundur dari keanggotan Partai NasDem dan menerima Kartu Tanda Angota (KTA) Partai Gerindra. Itu sekaligus menandakan ia memilih mengejar peluang menjadi Wakil Walikota Ternate.

Terkait pengunduran dirinya, kepada Haliyora.com, Asgar mengaku sudah keluar dari keanggotan Partai NasDem dan telah menerima Kartu Tanda Anggota Gerindra.

“Iya saya sudah mundur dari partai Nasdem pada hari ini, Jum’at, 4 September 2020. Mulai saat ini saya sudah tidak lagi di Nasdem, sekarang saya sudah memegang kartu anggota Gerindra, tadi saya sudah diberikan KTA,” ujar Asghar saat ditemui di Resto K62 Kalumpang, Jum’at (04/09).

Ia menegaskan, keikutsertaanya dalam pilkada tahun ini membuat dirinya harus mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam waktu singkat.

“Keputusan saya untuk keluar dari Nasdem adalah keputusan yang berat namun sudah tepat. Saya sudah ikhlas dengan keputusan itu, karena saya tidak mau ada polemik di Nasdem maka saya secara resmi undur,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Malut Hi. Machmud Esa membenarkan Asgar Saleh telah resmi keluar dari NasDem dan sudah diberikan Kartu Tanda Anggota Gerindra.

Hal yang sama diakui Ketua DPC Gerindra Kota Ternate, Al Jufri Yunus.

“Iya Asghar sudah kader Gerindra, status dia tidak lagi anggota partai Nasdem, tapi masih posisi anggota biasa di Gerindra, saya belum tau nanti dia masuk pengurus Kota atau Provinsi,” ujar Al-Jufri. (Jae_1)

Pos terkait