Pilkada 2020, Bawaslu Malut tak (lagi) Tambah Anggaran

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Maluku Utara, Muksin Amrin, SH,MH (foto : Istimewa)

Ternate, Haliyora.com

Pilkada serentak dipastikan digelar akhir tahun ini. Masih dalam pandemic Covid-19 memaksa pemerintah mengambil kebijakan untuk menyesuaikan kondisi darurat bencana non alam itu.

Bacaan Lainnya

Mengikuti protokol kesehatan serta menambah jumlah TPS adalah dua kebijakan baru yang diambil. Tentu berimplikasi terhadap anggaran. Harus ada tambahan anggaran untuk dua pos baru itu.

Sebagai Badan Pengawas Pemilihan Umum, Bawaslu tidak dapat mengelak dari pembengkakan anggaran itu. Anggaran yang sudah dirancang sebelumnya harus direstrukturisasi.

Seperti dikatakan Ketua Bawaslu Maluku Utara, Muksin Amrin, SH,MH kepada Haliyora.com, Senin (15/06/2020).

Katanya, penambahan TPS sudah pasti harus menambah jumlah personil pengawas yang otomatis harus menambah jumlah anggaran.

Mesiki demikian, kata Muksin, Bawaslu tidak lagi membutuhkan tambahan anggaran dari APBD. Bawaslu hanya merealisasikan anggaran yang sudah ada pada Bawaslu kabupaten/kota. Tinggal merevisi anggaran yang ada untuk menyesuaikan dengan kondisi terbaru.

“Misalkan anggaran yang sifatnya agenda di hotel atau pertemuan, kami kurangi, karena kegiatan-kegiatan itu menggunakan tarif, pengurangan itulah menurutnya digunakan untuk pembayaran gaji panwas pada TPS yang di tambah itu,”urainya.

Sedangkan untuk biaya protokol kesehatan dalam pemilihan, seperti anggaran APD sendiri bersumber dari APBN, dan dalam bentuk barang, bukan uang. “Itu hanya pengadaan saja atau berbentuk barang, seperti masker, handsanitizer, penutup muka dan sarung tangan,”jelas Muksin.

Ia menambahkan, pengadaan APD sendiri masih dalam tahapan proses dari Baswaslu RI, dan secepatnya akan di distribusikan ke daerah.

“Tapi khusus Kota Ternate, karena dalam waktu dekat ada agenda verifikasi faktual, maka kami sudah mengkoordinasikan dengan Pemkot untuk menyediakan APD sebagai antisipasi jangan sampai ada keterlambatan dari Bawaslu RI,”pungkas Muksin. (Ichal)

Pos terkait