Sebelum “Sibuk” Cari Masker, Baca Himbauan WHO ini

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Merebaknya penyakit yang ditimbulkan akibat penyebaran virus corona atau COVID-19 menjadi sorotan yang berimbas kelangkaan masker di pasaran. Hal itu bukan hanya terjadi di Indonesia, namun di beberapa negara lainnya. Akibat kelangkaan itu sendiri tentunya memancing reaksi dan keresahan warga. Namun sepertinya warga tak perlu panik jika melihat himbauan ini.

Bacaan Lainnya

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sudah mengingatkan jika masker hanya digunakan untuk orang yang sakit. “Untuk orang yang sehat, pakailah masker hanya jika Anda merawat orang yang diduga terinfeksi virus corona,” tulis WHO Indonesia dalam selebaran yang mereka bagikan di akun resminya di Twitter @WHOIndonesia.



Bahkan, organisasi dunia yang berdiri sejak 7 April 1948 ini juga membuat video singkat berjudul “Can Mask Protect Against The New Coronavirus Infection?” yang dibagikan di laman YouTube mereka. Dalam video berdurasi 1 menit 26 detik itu, WHO menjelaskan apakah masker dapat melindungi diri dari infeksi virus corona.



“WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker dalam kasus tertentu. Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, Anda harus menggunakan masker dan memeriksakan diri ke dokter. Jika Anda tidak memiliki gejala ini, Anda tidak perlu menggunakan masker,” kata WHO sebagaimana dilansir ayobandung.com.

Menurut WHO, sebagaimana ditulis situs tersebut, hingga saat ini belum ada bukti yang menyebutkan bahwa masker dapat melindungi mereka yang tidak sakit. WHO juga mengatakan bahwa penggunaan masker harus dibarengi dengan penggunaan cairan pembersih tangan atau sabun dan air. Jika tidak, penggunaan masker akan sia-sia.

“Masker medis seperti ini tidak dapat melindungi diri dari virus corona baru jika hanya digunakan sendirian. Saat Anda memakainya, Anda harus mengkombinasikan penggunaannya dengan cairan alkohol pembersih tangan serta langkah-langkah pencegahan lainnya,” kata WHO. (red)

Pos terkait