DKP Malut gelar Validasi data Statistik

  • Whatsapp

SOFIFI, Haliyora.com.-
Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara menggelar Validitas data statistik semester II 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (18/02/2020) di Aula kantor DKP Sofifi itu diikuti seluruh DKP kabupaten/kota se-provinsi Maluku Utara, serta petugas statistik pada masing-masing dinas setempat.

Mewakili Kepala dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara,, Kasubag Perencanaan, Ridwan Arsan mengatakan, validasi data statistik perikanan untuk mendeteksi dan menghapus kesalahan dan inkonsistensi dalam data untuk meningkatkan kualitasnya, baik dalam aplikasinya di statitik perikanan tangkap, perikanan budidaya maupun pengolahan perikanan.

Bacaan Lainnya

Ridwan Arsan menjelaskan, statistik merupakan alat untuk menentukan pengambilan kebijakan. Indikator sistem yang akan digunakan untuk budidaya laut, darat atau pantai, indikatornya pada data statistik.
“Validitas data itu penting, karena dapat dijadikan indikator utama untuk mengetahui seberapa besar sumbangsih sektor kelautan dan perikanann terhadap pembangunan di Provinsi Malut dalam mendukung visi dan misi gubernur Malut,” papar Ridwan.

Validasi data statistik di tingkat provinsi, sambung Ridwan, merupakan kegiatan penting untuk menghasilkan data statistik yang akurat dan kemudian dibawa ke tingkat nasional. Data tersebut kemudian menjadi satu kesatuan data statistik yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Kegiatan yang didanai oleh APBN dan APBD tersebut dilaksanakan selama dua hari, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi yang diwakili Kasubag Perencanaan Ridwan.
Narasumber didatangkan langsung dari pusat data dan statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dadang Wibowo. (Ja)

Pos terkait