Bersama 9 Kepala Daerah, Ketua Demokrat Malut Dukung Jokowi

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Sikap berlawanan ditunjukan ketua Partai Demokrat Provinsi Maluku Utara (Malut), Hendrata Theis dalam menunjukan dukungannya pada calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres). Jika partainya menjadi bagian dari koalisi pengusung Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hendrata justru menyatakan dukungannya pada Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf).

Bacaan Lainnya

Hal itu terlihat dari deklarasi para kepala daerah baik bupati dan walikota se-Provinsi Maluku Utara pada Paslon Jokowi pada Minggu (3/2/2019) yang berlangsung di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf, tepat di depan Kantor Pusat PD di Jalan Proklamasi, Menteng.

Sebagaimana dilansir dari Sindonews.com, sembilan dari 10 kepala daerah (bupati dan walikota) se-Provinsi Malut menyatakan dukungannya kepada pasangan nomor urut 01. Salah satunya adalah Hendrata Theis, yang juga Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) itu.

Deklarasi itu disampaikan lewat pernyataan di hadapan wartawan dan Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin Hasto Kristiyanto, Minggu (3/2/2019). Lokasinya di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf, tepat di depan Kantor Pusat PD di Jalan Proklamasi, Menteng.

Terlihat hadir di deklarasi tersebut enam orang kepala daerah. Selain Hendarata, yakni Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Ali Ibrahim, Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, Bupati Halmahera Utara (Halut) Frans Manery, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus.

[artikel number=3, tag=”pemilu,pilpres,demokrat” ]

Para Kepala Daerah se-Maluku Utara menyatakan dukung Jokowi-Maruf Amin. Foto: Merdeka.com

Bahkan Hendrata tampil sebagai juru bicara untuk menyatakan dukungannya pada Jokowi-Ma’ruf. “Kami sembilan dari 10 kepala daerah kabupaten kota di Maluku Utara mendukung Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Maluku Utara ingin maju di bawah kepemimpinan Pak Jokowi. Kami komitmen Maluku Utara (memenangkan Jokowi-Ma’ruf, red) 90 persen. Kita dalam politik bicara dengan kerja keras. Demi kemenangan kita Indonesia,” kata Hendrata.

Sementara itu, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto yang menyaksikan deklarasi tersebut, menyatakan bahwa selain enam yang hadir tersebut, tiga kepala daerah lainnya sudah menyampaikan dukungannya pula.

“Tiga tidak sempat hadir karena tidak dapat tiket pesawat. Tapi sudah menyatakan dukungannya ke paslon 01 yaitu Walikota Kota Ternate Burhan Abdurahman, Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muh din dan Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba,” jelas Hasto.

Dengan demikian, satu-satunya kepala daerah yang belum diketahui arah dukungannya yakni Bupati Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara. Meski demikian, diketahui Elang (sapaannya), adalah kaders partai Golkar yang notabene adalah bagian dari koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf. Namun hingga kini belum diperoleh informasi terkait arah dukungannya pada Capres-Cawapres tersebut. (red)

Pos terkait