Salah Satu Dewas Perumda Ternate Dilantik Tanpa Seleksi, Pimpinan DPRD : Dasarnya Apa ?

Pelantikan Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Ake Gale Ternate

Ternate, Maluku Utara- Wali Kota Ternate, pada Selasa (18/01/2022), telah melantik Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Ake Gale Ternate. Namun salah satu anggota Dewan Pengawas yang dilantik Wali Kota dipertanyakan DPRD.

Sebagaimana disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kota Ternate, Heny Sutan Muda, yang memepertanyakan apa alasan atau dasar yang dipakai Wali Kota untuk melantik salah satu Dewan Pengawas Perumda tersebut yang disebut tidak mengikuti seleksi.

Bacaan Lainnya

“Memang dalam Perda tentang Perumda disebutkan Wali Kota memiliki kewenangan mengangkat Dewan Pengawas dan Direksi Perumda Ake Gaale, namun diisyaratkan harus melewati tahapan seleksi,” ujar Heny tanpa menyebut nama salah satu anggota Dewan Pengurus yang diprotes tersebut.

Heny kembali menegaskan, orang yang diangkat sebagai Dewan Pengawas atau Direksi itu haru melalui seleksi terlebih dahulu dan dinyatakan lolos seleksi  oleh panitia seleksi. “Kalau ternyata ada salah satu anggota Dewan Pengawas yang diangkat tanpa melewati seleksi, itu yang kita tidak tahu regulasi apa yang digunakan Wali Kota,” tegasnya.

Politisi Demokrat itu mengatakan, DPRD menghargai apa yang sudah dilakukan oleh panitia seleksi. ”Sehingga sebaiknya yang diangkat untuk menduduki jabatan Dewan Pengawas dan Direksi adalah mereka yang lolos seleksi setelah mengikuti seluruh tahapan seleksi,” tandasnya.

Meskipun begitu, Heny mengucapkan selamat kepada Direksi maupun Dewan Pengawas yang telah dilantik sambil berharap  agar bisa bekerja maksimal untuk menyelesaikan masalah air bersih di Kota Ternate. “DPRD hanya pertanyakan apa dasar hukum yang digunakan Wali Kota untuk mengangkat salah satu anggota Dewan Pengawas yang tidak mengikuti seleksi itu,” pungkasnya. (Wan/Red)

Pos terkait