DPRD Haltim Sahkan 7 Ranperda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Timur (Haltim) akhirnya mengesahkan 7 Rancanahan Peraturan Daerah (Ranperda)  dalam rapat paripurna

Maba, Maluku Utara- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Timur (Haltim) akhirnya mengesahkan 7 Rancanahan Peraturan Daerah (Ranperda)  dalam rapat paripurna ke III Masa Sidang I yang dilaksanakan  di ruangan rapat parupurna DPRD, Selasa (18/01/2022).

Bupati Haltim Ubaid Yakub dalam rapat paripurna menyampaikan ada tujuh Ranperda yang disetujui oleh DPRD Haltim, yakni empat Ranperda insiatif DPRD dan tiga Ranperda usulan Pemda Haltim.

Bacaan Lainnya

“Ada tujuh Ranperda yang disetujui DPRD hari ini terdiri dari empat Ranperda insiatif DPRD dan tiga Ranperda usulan Pemda. Empat  Ranperda insiatif DPRD adalah Ranperda tentang Badan Permusyawaratan Desa, Ranperda tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, Ranperda tentang Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan, serta Ranperda tentang Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak. Sedangkan Tiga Ranperda usulan Pemda adalah Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Derah dan Ranperda tentang Dampak Analisis Lalulintas,” sebut bupati.

Dikatakan, tujuh Ranperda yang disetujui DPRD tersebut sudah melalui proses pembahasan serta didukung kajian akademik yang dapat dipertanggungjawabkan. “Dinamika pembahasan antara komisi-komisi DPRD dan tim pembahasan Pemda tentunya telah turut memberikan kontribusi pikiran terhadap penyempurnaan substansi hukum Ranperda tersebut,” tutur bupati.

Dalam Paripurna tersebut tiga Fraksi DPRD Haltim diantaranya  Fraksi Demokrasi Indonesia, Fraksi Garasi Demokrasi serta Fraksi Merah Putih menyatakan peresetujuannya melalui pandangan fraksi masing-masing  untuk ditetapkan menjadi Perda. (HR/Red)

Pos terkait