Warga Kesal Lantaran Lahan dan Tanaman yang Digusur Belum Dibayar Pemda Taliabu

Ilustrasi Lahan dan Taman Digusur

Bobong, Haliyora

Setelah digusur kurang lebih 2 tahun lalu untuk pekerjaan jalan, lahan dan tanaman warga masyarakat Taliabu Timur Selatan belum juga ada ganti rugi dari pihak pemerintah daerah kabupaten Pulau Taliabu.

Bacaan Lainnya

Berkali-kali warga pemilik lahan dan tanaman mendesak Pemda untuk membayar ganti rugi, namun selalu diberi janji akan dibayar dalam waktu dekat, tanpa kepastian, hingga dua tahun berlalu tanpa ada bukti.

Hal itu disampaikan Gunawan, salah satu perwakilan masyarakat Taliabu Timur Selatan kepada Haliyora, Selasa (02/03/202) melalui telpon yang secara tegas mengatakan Pemda Pulau Taliabu melakukan pembohongan kepada masyarakat Taliabu Timur Selatan.

“Sudah dua tahun pemda Kabupaten Pulau Taliabu membohongi warga masyarakat Taliabu Timur Selatan, sebagai pemilik lahan. Waktu digusur, Kabag Pemerintahan waktu itu memastikan pemerintah daerah akan membayar ganti rugi lahan dan tanaman warga paling lambat Maret 2019. Itu disampaikan dalam pertemuan dengan semua warga pemilik lahan dan tanaman. Sekarang so masuk dua tahun belum satu rupiah pun diberikan. Dorang samu pamfoya,” beber Gunawan kesal.

Gunawan berharap agar Pemda Taliabu dalam hal ini bagian tata pemerintahan segera membayar ganti rugi lahan dan tanaman warga Taliabu timur selatan yang di gusur dua tahun lalu itu.

“Kami berharap pemda Taliabu segera bayar Katong pung lahan deng tanaman yang dong gusur itu, karena kami sudah dirugikan. Sebab tanaman yang digusur itu sudah berproduksi, sudah ada hasil, kong sampai saat ini belum dibayar. Proses menanam  dan merawat tanaman hingga berproduksi itu makan waktu, tenaga dan ongkos seng sedikit. Jangan alasan kepentingan proyek pembangunan, lantas rakyat dirugikan,” tandasnya

Sementara hingga berita ini dipublis, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu, Moh. Amrul Badal tidak dapat di konfirmasi. Nomor kontaknya  tidak aktif, WA  pun tidak di balas. (Ham-1)

Pos terkait