Surat Edaran Terbaru, Ini 3 Syarat Calon Penumpang Yang Bepergian

  • Whatsapp
Serat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan

Ternate, Haliyora.com

Orang yang masuk ke wilayah Maluku Utara dari daerah lain, tak akan melakukan karantina lagi selama 14 hari dengan syarat menunjukkan surat keterangan uji PCR, dengan hasil negatif atau hasil rapid test non reaktif. Syarat ini berlaku 14 hari terhitung sejak keberangkatan.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Anwar Hamid kepada Haliyora.com via telepon, Sabtu (27/06).

Anwar menjelaskan, pihaknya baru menerima Surat Edaran baru dari Gugus Tugas Covid-19 RI. Ia menyebut, Surat Edaran (SE) Gugus Tugas RI Nomor 9/2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 yang mengatur tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Jadi persyaratan protokol kesehatan di SE baru itu hanya tiga, yaitu menunjukan surat keterangan uji PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan rapid test non-reaktif, berlaku 14 hari pada saat keberangkatan. Kedua, menunjukan indentitas diri atau KTP, serta surat keterangan bebas gejala seperti influenza, yang dikeluarkan oleh Dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR /Rapid Test.” ujar Anwar.

Anwar juga menuturkan, ketentuan itu berlaku untuk calon penumpang maupun penumpang yang datang. Sehingga yang bersangkutan tidak tidak lagi melakukan karantina 14 hari setelah sampai di daerah tujuan.

Menurut Anwar, bagi calon penumpang yang tidak memiliki tiga syarat tersebut, tidak akan diizinkan untuk bepergian.

Sementara pada kesempatan terpisah, Koordinator Kesehatan Gugus Tugas Bandara Sultan Babullah Ternate, Muhajir membenarkan keterangan yang disampaikan Kepala Bandara Sultan Babullah, Anwar Hamid.

“Betul itu. Surat Edaran baru itu peryaratannya orang bepergian hanya tiga itu. Dan karena persyaratan hasil tes PCR dan rapid test berlaku selama 14 hari maka yang bersangkutan tidak lagi melakukan karantina selama 14 hari setibanya di tempat tujuan,” ujar Muhajir, Sabtu, (27/06) via telepon. (Vik)

Pos terkait