Camat Wasile Utara Keluhkan Bantuan dari Kemensos

  • Whatsapp
Camat Wasile Utara Riko Debeturu (foto : HT/Haliyora.com)

Maba, Haliyora.com

Sistem penyaluran bantuan sembako non tunai pengganti raskin dan bantuan tunai dari Kementerian Sosial RI dinilai merepotkan pemerintah kecamatan. Hal itu disampaikan Camat Wasile Utara Riko Debeturu kepada wartawan rabu (24/6).

Bacaan Lainnya

Kata Riko, bantuan non tunai pengganti raskin seharusnya disalurkan oleh petugas sampai di setiap desa. Namun fakta di lapangan tidak sedemikian sehingga persulitkan pemerintah kecamatan maupun desa saat menyalurkan bantuan itu kepada penerima masing-masing desa dalam wilayah kecamatan wasile utara karena tidak ada ketersedian anggaran untuk membiayai operasional penyaluran bantuan.

“maka menjadi pertanyaan kami, apakah tidak ketersedian anggaran baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat untuk biaya operasional penyaluran bantuan sembako non tunai dari kemeterian sosial tersebut ?, sehingga penyaluran bantuan selalu saja dibebankan kepada pemerintah kecamatan dan desa” kata Riko Debeturu.

Selain masalah penyaluran bantuan non tunai pengganti raskin, Kata Camat Wasile Utara, kartu ATM diberikan penerima bantuan tunai dari kementerian juga tidak bisa difungsikan, bahkan puluhan masyarakat yang namanya tercatat dalam daftar penerima bantuan tunai sampai sejauh tidak menerima bantuan.

“anehnya masalah ini dibiarkan begitu saja tanpa ditanggapi oleh instansi terkait, untuk itu kami berharap kepala dinas sosial haltim pak Hi.Aziz Ajarat kiranya dapat turun disetiap desa agar melihat permasalahan ini, karena ini menjadi tanggungjawab dinas sosial dan pendamping, sementara pendamping juga cuek dengan masalah tersebut” pintanya. (HT)

Pos terkait