Pilkada di Masa Corona, KPU Malut Bentuk Tim Gugus Tugas Internal

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Menyambut kebijakan new normal, KPU mengeluarkan kebijakan membentuk Tim Penanganan Covid-19 di internal KPU. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran KPU RI Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di lingkungan KPU, dimaksudkan agar kesehatan dan keselamatan terjaga dengan baik.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat saat diwawancarai Haliyora.com via telepon Selasa (16/6) menyampaikan akan membentuk Tim Penanganan Covid-19 di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Pembentukan tim ini merupakan bagian dari menjalankan sistem kerja dalam kenormalan baru. “Untuk itu kami sudah melakukan sosialisasi bersama KPU Kabupaten/Kota agar segera membentuk Tim Penanganan Covid-19 di masing-masing satuan kerja,” ungkap Pudja.

Pudja menambahkan, tugas yang harus dilaksanakan tim Gugus KPU diantaranya, memastikan penerapan higienis lingkungan kerja serta melakukan inspeksi dan identifikasi potensi bahaya terpapar.

“Kami berharap jika nanti tahapan pilkada sudah berjalan, lalu ada penyelenggara di tingkat bawah mengalami masalah terkait virus Corona, informasinya cepat tersampaikan kepada Tim Penanganan Covid-19 untuk ditangani segera,” imbuhnya.

Katanya, beberapa KPU Kabupaten/Kota telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan setempat.“Saya kira ini bagus sekali, apalagi nantinya mereka (petugas dinas Kesehatan) bersedia ditempatkan di titik-titik utama, misalnya di TPS,” imbuhnya.

Mengenai anggaran yang dibutuhkan dalam tim ini, Pudja mengatakan akan menggunakan anggaran rutin yang melekat di satker masing-masing. “Ini hanya operasional biasa, tidak seperti pada Gugus Tugas covid pemerintah,”jelas Pudja.

Sebelum menutup percakapan, Ketua KPU Maluku Utara itu mengingatkan kepada seluruh penyelenggara, agar memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan ketat pada lingkungan kerjanya masing-masing. “Jangan sampai ada yang terpapar ,” pungkasnya. (Ical)

Pos terkait