Dua Pasang Balon Perseorangan Ternate Input Daftar Dukungan

  • Whatsapp
Aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) Pilkada Serentak 2020 (https://silon2020.kpu.go.id/index.php)

Ternate, Haliyora.com
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak memasuki tahapan penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon (Balon) persorangan atau yang biasanya disebut independen. Tahapan itu dibuka mulai 19-23 Februari 2020.

Dalam tahapan ini, selain memasukkan syarat dukungan, bakal calon juga harus mengambil username dan password untuk bisa masuk ke aplikasi Silon (Sistem Informasi Pencalonan) KPU.

Bacaan Lainnya

Untuk Pemilihan Walikota (Pilwako) Ternate, dilaporkan hingga Kamis (20/02/2020) sore, baru tercatat dua pasang Balon perseorangan yang memasukkan persyaratan dukungan yakni pasangan Dr Muhdi Ibrahim dan Ir Gazali Wesplat serta pasangan Tsufik Mansur dan Grace Namotemo.

“Sejak dibuka kemarin (Rabu, 19 Februari), baru hari ini ada dua pasangan bakal calondari jalur perseorang yang telah mengambil username dan password Silon,” ungkap Anggota KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno.

Kuad menjelaskan, untuk calon perseorangan, selain mengumpulkan surat dukungan secara fisik berbentuk KTP dan wajib memasukkan data-data surat dukungan tersebut ke dalam Silon.

Untuk Kota Ternate, sambung Kuad, minimal dukunganya adalah 10 persen dari total DPT Pemilu terakhir atau sebanyak 12.467. “Untuk pasangan Muhdi-Gazali sudah memasukan dukungan ke sistem Silon sebanyak 13.019. Sedangkan Taufik-Grace baru 7.158. Itu masih belum memenuhi persyaratan dukungan yang sudah ditetapkan,” ungkapnya.

Meski begitu, kedua pasang tersebut belum memasukkan data fisik dukungannya. “Mereka baru masukkan data dukungan di aplikasi Silon tapi fisiknya belum. Akan ada tahapan-tahapan verifikasi jika pasangan calon perseorangan ini sudah memasukan data fisiknya,” pungkas komisioner dua periode itu. (Ichal)

Pos terkait