Cuaca Laut Memburuk, Harga Ikan Melambung

  • Whatsapp

TERNATE, HALIYORA.COM

 

Bacaan Lainnya

Suasana di pasar ikan bastiong ternate sepanjang hari ini, Selasa (04/02/2020), terlihat agak sepi penjual maupun pembeli. Stok ikan yang di jual juga terlihat berkurang. Bahkan beberapa meja tempat menggelar ikan tampak kosong. Sebagian lagi hanya tersedia stok lama. Sudah begitu, harganya kemahalan.

“Hari ini tarada ikang baru. Tanda tara ada yang berani pigi mangael, karena angin kencang dan ombak besar. Yang ada cuma ini me so tara banya, makanya dia pe harga mahal”, ujar ibu Aisa, penjual ikan di pusat pelelangan ikan bastiong.

Pantauan Haliyora.Com, harga ikan pada rabu, (05/02/2020), di pusat pelelangan bastiong ternate mengalami kenaikan signifikan. Hampir dua kali lipat kenaikannya. Beberapa penjual yang di temui Haliyora.Com, rata-rata mengakui kenaikan harga ikan tersebut.
Ibu Umi, seorang penjual mengatakan, dalam 3 hari terakhir harga ikan mulai naik. Sebelumnya biasa di beli dari nelayan rata-rata dengan harga 9 ratusan ribuan per bokor, sekarang sudah naik menjadi 1.250.000 per bokor untuk jenis ikan tenggiri (Kombong,tude, sorihi).
sementara untuk harga ikan dasar dan cakalang serta tuna kenaikannya dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Cuaca laut yang buruk dalam tiga hari terakhir mempengaruhi hasil tangkapan nelayan. Bahkan para nelayan enggan melaut, akibatnya stok ikan jadi berkurang, harganya melambung. (Alf)

Pos terkait