TERNATE — Haliyora, Satu prestasi kembali diraih Pemerintah Kota Ternate. Setelah meraih penghargaan sebagai Kota Sehat beberapa waktu lalu, kini Pemkot Ternate kembali berhasil meraih penghargaan dari Ombudsman RI sebagai “Kota Dengan Tingkat Kepatuhan Tinggi” dalam standar pelayanan publik.
Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Ombudsman RI, Amruzulian Rivai kepada Walikota Ternate, Burhan Abdurahman di Jakarta, Rabu (27/11).
Kabag Humas Setda Kota Ternate, M. Syaiful Arsyad kepada Haliyora menjelaskan, penghargaan yang diterima Pemkot Ternate ini setelah melalui survey dan penilaian Ombudsman tentang tingkat kepatuhan dalam standar pelayanan publik di tahun 2019. Pelayanan publik yang diberikan Pemkot Ternate dinilai sangat baik.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Untuk diketahui, survey dan penilaian dilakukan terhadap empat kementerian, tiga lembaga, enam pemerintah provinsi, 36 pemerintah kota dan 215 pemerintah kabupaten.
“Survey tingkat kepatuhan bertujuan mencegah tindakan maladminstrasi pada unit pelayanan publik pemerintah dengan upaya pemenuhan komponen-komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 tentang Pelayanan Publik,” jelas Syaiful.
“Setiap produk pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah selaku penyelenggara pelayanan, harus memenuhi komponen standar pelayanan, seperti mekanisme pelayanan, persyaratan pelayanan, jangka waktu dan biaya atau tarif pelayanan serta mekanisme sarana pengaduan internal,” lanjutnya.
Selain itu, menurut Syaful, survey kepatuhan juga bertujuan untuk menguji kualitas dan efektivitas penyelenggara pelayanan publik. “Tujuan lainnya adalah mendorong pemenuhan standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan. Adapun mekanisme dan jadwal surveynya ditentukan langsung oleh Ombudsman,” ungkapnya.
Dalam penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman, standar kepatuhan terbagi dalam tiga zona. Zona hijau untuk tingkat kepatuhan tinggi, kuning untuk tingkat kepatuhan sedang dan zona merah untuk tingkat kepatuhan rendah. “Pemkot Ternate mendapat penghargaan dengan kategori hijau atau tingkat kepatuhan tinggi dalam standar pelayanan publik,” tandas Syaiful.
Syaiful menambahkan, bahwa dengan keberhasilan meraih penghargaan tersebut, diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi Pemkot Ternate untuk terus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.
“Hal ini sudah menjadi komitmen Pemkot Ternate dan disetiap kesempatan, terus diingatkan Walikota,” tegasnya. “Untuk itu, ke depannya, diharapkan kepada SKPD yang memiliki fungsi pelayanan publik, seperti DPMPTSP dan Disdukcapil, harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harapnya. (rbk)