7 Calon Berburu Ketua Umum IKB-Makayoa

  • Whatsapp
Stering Comite Musyawara IKB-Makayoa, Almun Madi dan tim Pemenangan 7 calon Ketua

Halsel, Maluku Utara- Stering Comite Musyawarah ke-II Ikatan Keluarga Makian Kayoa (IKB-Makayoa) setelah menerima berkas 7 bakal calon ketua di canga matau (Sekretariat) Desa Kampung Makian Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan.

Rapat pleno penetapan berkas itu dipimpin Stering Comite (SC) Musyawarah IKB-Makayoa, Almun Madi, didampingi sekertaris Panitia Musyawarah, Fahri Husen, dalam konferensi pers Sabtu, (25/9/2021). Ia mengatakan sejak tanggal 11 September dibuka pengambilan formulir pencalonan, sebanyak 12 orang mengambil formulir namun hingga pengembalian berkas pencalonan pukul 00.30 WIT Jum’at malam ditutup hanya 7 bakal calon yang mengembalikan berkas.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Almun, 5 orang dari 7 orang yang sudah mengembalikan berkas dinyatakan gugur, sehingga pada kesempatan ini dilanjutkan agenda penetapan berkas bagi 7 calon ketua IKB-Makayoa, mereka benar-benar telah memenuhi semua persyaratan baik rekomendasi dari Kepala Desa dan dukungan sesepuh Makayoa.

“Tahapan verifikasi panitia dan stering Comite menilai berkas ke 7 calon ketua IKB-Makayoa lengkap dan dinyatakan memenuhi administrasi, selanjutnya berkas ini di bawa ke agenda Musyawarah untuk dibahas,” terang Almun.

Lanjut Almun menyebutkan, 7 bakal calon mengembalikan berkas yaitu, Mansyur Abdul Fatah, Faris Hi Madan, Hi Muhammad Nur, Walid Syukur, Muhajir Zam-zam, Ikbal Hi Mustafa dan Bambang Hi Ibra, langsung diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat pencalonan sehingga ditetapkan sebagai calon ketua IKB-Makayoa sesuai Surat Keputusan (SK) nomor : 02/SC/A-1/MUS-IKB-MK/II/IX/2021 tertanggal 25 September.

Menurut Almun, musyawarah IKB-Makayoa berasaskan pada asas kekeluargaan tujuannya untuk menyatukan seluruh keluarga besar Makian-Kayoa yang tersebar di Halmahera Selatan, tidak ada keberpihakan ataupun turun campur kerja pemenangan tim kandidat.

“Tidak ada interferensi SC maupun panitia Musyawarah dalam kerja-kerja tim kandidat calon ketua IKB-Makayoa, karena tujuan pemilihan ini mempersatukan seluruh keluarga Makayoa di Halsel demi menjalankan organisasi,” tandas Almun.

Ditambahkan Almun, ia mewakili SC dan Panitia Musyawarah mengharapkan tidak ada lagi riak maupun intrik yang menyudutkan kerja panitia. “Saatnya torang bersatu bergandengan tangan menyukseskan Musyawarah IKB-Makayoa,” pungkasnya.

Diketahui pleno penetapan berkas bakal calon menjadi calon ketua IKB-Makayoa itu dihadiri keterwakilan ke 7 calon di sekretariat panitia. (Asbar–)

Pos terkait