Tiga Pejabat Taliabu Diperiksa Penyidik Krimsus Tipikor Polda Malut

iLustrasi

Bobong, Haliyora

Penyidik krimsus tipikor Polda Malut pada Kamis (04/03/2021), memeriksa tiga pejabat pemda Pulau Taliabu terkait kasus korupsi Dana Desa (DD) Tahun 2017.

Bacaan Lainnya

Tiga pejabat yang diperiksa adalah mantan bendahara kas daerah, Agusmawati Toib Koten (tersangka), kini menjabat Kepala Bagian Protokoler dan Admistrasi Daerah, Kaban Keuangan Taliabu Iwan Mansur, dan Kabid Desa dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) La Ode Muslimin. 

Pantauan Haliyora, Kamis (04/03/2021) pagi, penyidik ditkrimsus Polda Malut mendatangi kantor bupati pulau Taliabu untuk memeriksa Kaban keuangan, Irwan Mansur, Angusmawati Toib Koten, dan La Ode Muslimin. Ketiganya diperikasa setelah mengikuti vaksinasi di kantor bupati.

Mantan bendahara kas daerah (Kasda), Agusmawati, telah ditetapkan sebagai terasangka sejak dua tahun lalu. Ia disangkakan telah memotong dana desa sebesar Rp 60 juta per desa dari 71 desa, total DD yang dipotong sebesar Rp 4,26 miliar, dana tersebut kemudian dialihkan ke rekening CV. Syafaat Perdana miliknya.

Sebelumnya 71 kepala desa juga telah diperiksa dan dimintai keterangan terkait pemotongan DD tersebut.

Diketahui, Agusmawati diduga mengalihkan DD yang dipotong ke rekening perusahannya saat mencairkan dan di BRI Unit Bobong. (Ham-1)

Pos terkait