DPS Pulau Taliabu Ditetapkan Sebanyak 37.720 Pemilih

  • Whatsapp
DPS Pulau Taliabu Ditetapkan Sebanyak 37.720 Pemilih (foto: Ham/Haliyora.com)

Bobong, Haliyora.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten pulau Taliabu gelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada 2020.

Bacaan Lainnya

Rapat digelar di kantor KPU kabupaten pulau Taliabu Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat, Senin (07/09).

Rapat pleno rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS ini dipimpin Ketua KPU Taliabu Arisandi La Isa didampingi empat komisioner lainya yakni Basri Desa, Aksa Puko, Rometi Haruna dan Musni Lamesa.

Rapat Pleno juga dihadiri komisioner Bawaslu serta keterwakilan delapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan partai pengusung kedua pasangan calon.

Turut serta dalam pleno tersebut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pulau Taliabu.

Ketua KPU Taliabu, Arisandi La Isa pada wartawan, Senin (07/09/2020) di ruangan rapat pleno DPHP dan DPS mengatakan, Pleno tersebut merekap hasil coklit untuk disahkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Jadi itu awalnya dari coklit, kemudian diplenokan KPU kabupaten dan disahkan jadi DPS,”jelasnya, Senin (07/09/2020).

Ia menambahkan dalam pencoklitan terdapat nama-nama yang memiliki dua identitas di dua KK.

“Misalnya, ada satu orang yang identitasnya terdapat di desa Tobona, Kecamatan Tabona dan identitas yang bersangkutan juga tercatat sebagai penduduk di desa Wayao Taliabu Barat, maka kami tetap gunakan identitas terbaru,”terangnya.

Dikatakan pula, hasil pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Pulau Taliabu pada Pilkada 2020 tersebut akan disosialisasikan melauli media maupun disampaikan langsung ke masyarakat.

“Jadi DPS ini nanti kita umumkan ke masyarakat melalui media massa, di tempat keramaian, balai desa dan tempat-tempat umum lainnya. Tujuannya agar warga yang belum terdaftar dapat mendaftarkan diri supaya nantinya terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),”jelas Arisandi.

Lanjutnya, waktu sosialisasi DPS menuju Penetapan Daftar Pemilih Tetap, kata Arisandi sekitar dua Minggu.

“Waktu untuk sosialisasi DPS menuju penetapan DPT itu sekitar dua Minggu,”ujarnya.

Sementara itu, pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Pulau Taliabu, Tahun 2020 sebanyak 37.720 pemilih. (Ham_1)

Pos terkait