3 Bulan Gaji TTP PNS Pemkot Ternate Belum Dibayar, Ini Penjelasan Kepala BPKAD

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Gaji Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Ternate pada bulan Mei-Juli 2020 belum terbayar.

Bacaan Lainnya

Salah seorang pegawai di kantor Walikota Ternate mengeluhkan lambannya pembayaran gaji TTP tersebut.

Oknum PNS yang meminta namanya tidak dipublis tersebut mengatakan, gaji TTP pada tiga bulan terakhir belum dibayarkan. “Sudah tiga bulan kami belum terima gaji TTP, padahal kami sangat butuh,”imbuhnya, Kamis (06/08/2020).

Sementara, ketika dikonfirmasi Haliyora.com, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Taufik Jauhar mengatakan, pencairan anggaran untuk pembayaran gaji TTP menunggu penjabaran APBD tahun 2020.

Ia juga menjelaskan pada bulan Agustus ini pemkot masih prioritaskan pembayaarn gaji 13.

“Gaji TTP masih menunggu penjabaran APBD 2020, dan untuk bulan Agustus ini Pemkot masih prioritaskan pembayaran gaji 13,”ujar Taufik.

Meski demikian, kata Taufik, gaji TTP tidak akan dihilangkan, hanya waktunya saja ditunda lantaran menunggu penjabaran APBD untuk penyesuaian anggaran serta prioritas lainnya.

Katanya, dari segi administrasi saat ini sudah lengkap, tinggal menunggu tanda tangan walikota yang kini sedang berada di luar kota.

“Gaji TTP tidak akan dihilangkan, tetap akan dibayar, kita masih menunggu penyesuaian anggaran. Dan semua administrasi sudah lengkap, tinggal menunggu pak Walikota pulang baru bisa tanda tangan, karena pak Walikota masih ada di luar kota,”imbuhnya.

Ia menambahkan, total anggaran TTP PNS di lingkungan Pemerintah Kota Ternate sebanyak Rp 86 Miliar. Namun, diperkirakan sudah digunakan sekitar Rp 7-8 miliar sebelum pandemi Covid-19.

“Total Dana untuk TTP PNS itu Rp 86 miliar, tetapi sudah terpakai sekitar 7-8 miliar sebelum Covid-19. Ada pemangkasan anggaran luar biasa,”tutup Taufik. (Sam)

Pos terkait