Alat PCR Difungsikan 13 Mei, Sehari Lakukan 20 Test Swab

  • Whatsapp
Idhar Sidi Umar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara (foto: Istimewa/Google.com)

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Provinsi Maluku Utara kini sudah memiliki satu alat Test Cepat Molukuler ( TCM) dan Laboratoriun swab test penangan covid-19 Maluku Utara. Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Idhar Sidi Umar kepada Haliyora.Com Senin (11/05/2020) di Hotel Sahid.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, Maluku Utara sekarang sudah punya satu alat swab test untuk pemeriksaan spesimen dan sampel pasien Covid-19 dengan menggunakan alat Test cepat Molukuler (TCM). “Kita di Maluku Utara baru mempunyai satu unit alat TCM. Ini adalah alat TBC namun diganti Catridgenya sehingga beralih fungsi,” jelas Idhar

Idhar mengatakan akan minta tambahan satu alat TCM lagi untuk pemeriksaan Covid-19. Kata dia, Laboratoriumnya sudah ada sehingga Tes Cepat Molukuler (TCM) tersebut rencanya akan difungsikan pada Rabu (13/05/2020).

“Besok (Selasa, 12 Mei 2020, red) kita sudah siapkan semua perlengkapannya sehingga esok harinya pada Rabu (13 Mei) sudah mulai beroperasi pemeriksaan test swab untuk Maluku Utara dalam penanganan Covid-19,” ungkap Idhar.

Idhar menjelaskan, Test Cepat Molukuler (TCM) dalam satu jam bisa memeriksa empat swab dan hasilnya dapat diketahui hari itu juga. Ia memprediksi dalam sehari dapat memeriksa 20 swab test. “Dalam satu jam bisa periksa empat swab tes, maka dalam sehari kita dapat memeriksa 20 swab tes dan hasilnya kita ketahui hari itu juga,” terangnya.

Meski demikian, menurut Idhar, pemeriksaan swab test bisa lebih banyak dalam sehari jika tenaga medis bekerja cepat. “Tergantung tenaga medis kita, kalau kerja cepat maka hasilnya juga banyak karena dihitung per jam empat swab,” ucap idhar.

Idhar menambahkan, pasien penyakit TBC pemeriksaannya di Puskesmas Kalumata. Terkait harga pengadaan TCM, Idhar mengaku tidak tau. “Saya tidak tahu berapa harganya karena alat ini dong (mereka) kirim dari pusat jadi harganya tidak tahu,” pungkas Idhar. (jae)

Pos terkait