Canangkan Gerakan Menanam, Gubernur AGK Harap Bisa Atasi Kelangkaan Pangan

  • Whatsapp
Pemerintah, TNI dan Polri Malut Gerakan Menanam Atasi Kelangkaan Pangan (foto: Alfatah/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Pencanangan Gerakan Maluku Utara Menanam yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara kemudian ditandai dengan penyerahan bantuan benih tanaman pangan dan hortikultura ke Petani oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dilakukan pada Senin, (11/5/ 2020).

Bacaan Lainnya

Turut hadir pada acara tersebut Kajati Malut Andi Herman, Kapolda Malut Brigjen Pol. Rikwanto, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Chairussani Abbas Sopamena, Dan Kabinda Malut Brigjen Dudy Fristiyanto.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Gosale itu bertujuan untuk terciptanya ketahanan pangan di saat Pandemi virus Corona.

“Dengan adanya covid-19 ini untuk sementara lebih baik kita menanam ubi, padi, cabe, jagung, pisang, dan sayur-sayuran karena itu adalah makanan kita, kita dibesarkan dari makanan ubi-ubian, sekaligus untuk mengantisipasi kelangkaan stok beras,” ujar AGK sapaan akrab Gubernur Maluku Utara.

AGK menambahkan, dengan lahan kosong yang luas harus dimanfaatkan dengan baik mungkin agar menghasilkan pangan lokal, supaya kedepan masyarakat tidak kesulitan pangan. “Saya sudah perintahkan Kadis Pertanian cari lahan kosong untuk dimanfaatkan, agar menghasilkan pangan lokal supaya masyarakat tara kesulitan,” kata AGK

AGK berharap semoga saja Covid-19 ini cepat berlalu dan kehidupan bisa normal kembali, dengan begitu kita bisa berkumpul bersama-sama seperti biasanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara Rizal Ismaik menyampaikan, apa yang dilakukan Gubernur ini sebagai percontohan agar dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya di Maluku Utara.

“Pak gubernur sengaja gunakan lahan kosong ini sebagai contoh, supaya kabupaten/kota juga bisa lakukan hal yang sama,” ucap Rizal. (Ata)

Pos terkait