Pendaftaran Calon Ditutup, Dua Kandidat Bertarung di Musda Beringin

- Editor

Selasa, 3 Maret 2020 - 00:24 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ternate, Haliyora.com

Panitia Pelaksana Musda X Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menutup pendaftaran bakal calon ketua DPD I pada 2 Maret 2020. Hanya dua bakal calon (balon) yang mendaftar dan telah mengembalikan formulir pendaftaran ke panitia pelaksana Musda. Dua bakal calon itu adalah Edi Langkara dan bakal calon incamben, Alien Mus. Keduanya harus merebut minimal 30 persen dari 16 voters sebagai syarat untuk mendapatkan tiket sebagai calon yang akan bertanding di Musda.

“Ada syarat untuk lolos verfikasi. Yang paling prinsip adalah yang bersangkutan didukung 30 persen suara baru dikategorikan calon. Jadi kalu 16 suara, maka minimal 5 dukungan suara,” ujar ketua pelaksana Musda, Arifin Jafar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meski baru berstatus bakal calon, namun Ketua Pelaksana Musda, Arifin Jafar memastikan hanya dua kandidat itu yang bakal bertarung dalam Musda. Hal itu dijelaskan Arifin kepada Haliyora.Com, Senin (02/03/2020) di Sekretariat Partai Golkar, usai menerima pengembalian formulir salah satu bakal calon.

“Kita Bisa memastikan bahwa yang akan ikut bertarung pada Musda hanya dua bakal calon yakni Edi Langkara dan Alien Mus”, jelas Arifin Jafar yang juga Sekretaris DPD I Golkar Maluku Utara.

BACA JUGA  Wahda Lengser, Sahril Naik ke Puncak Komando Gerindra

Lolosnya dua petinggi Golkar itu sudah diprediksi sejak awal. Bahkan banyak pihak memprediksi, musda Golkar akan berlangsung seru jika kedua senior Partai Beringin berhasil lolos sebagai calon memperebutkan kuris 01 DPD I Golkar Maluku Utara. Bukan tanpa alasan, bahwa Alien dan Edi salama ini diketahui sering berseberangan, dalam internal partai sendiri pada semua jejang kepengurusan masing-masing membangun kubu. Dari situlah sebetulnya persaingan dimulai anatara keduanya.

Kubu Alien sendiri sebetulnya sejak tahun lalu mulai menabuh genderang perang. Itu dimulai ketika tiga ketua DPD II dipecat Alien Mus yang waktu itu masih menjabat ketua DPD I Partai Golkar Maluku Utara, dan kemudian menunjuk Plt. Ketua DPD II untuk menjalankan roda organisasi. Ketiga Plt. tersebut adalah Plt. Ketua DPD II Haltim, Halbar dan Tikep yang masing-masing memiliki satu suara dalam Musda nanti yang akan digelar, Rabu, 04 Maret 2020 di Ternate.

Sementara itu, tim pemenang Alien pun mulai memperlihatkan tajinya. Lewat ketua tim pemenangannya, Muhammad Saiful mulai menebar sinyal kekuatan dukungan voters terhadap sang kandidat. Ia menyebut tiga organisasi sayap Golkar telah sepakat mendukung dan memenangkan Alien, yakni AMPG, KPPG dan Al-Hidayah. Meskipun dukungan tiga organisasi sayap itu belum cukup mengantarkan jagoan mereka memperoleh tiket sebagai calon, karena ketiga organisasi itu hanya memiliki satu suara, bukan tiga suara.

BACA JUGA  Ketua Fraksi PKB DPRD Halsel Dukung Penerapan New Normal

Meski begitu, Muhammad Saiful berharap dukungan segera mengalir ke kubu Alien, karena adik kandung Ahmad Hidayat Mus (AHM) itu dinilai berhasil memimpin Golkar periode pertama. Bahkan Saiful yakin kandidatnya bakal meraup suara 50 persen plus satu dan memenangkan musda.

Dipihak lain, kubu Edi langkara belum menampakkan manuver politiknya. Meski begiti, Edi diyakini akan melakukan kejutan untuk memenangkan pertarungan di Musda. Lagi pula, saat ini Edi sendiri sebagai Bupati Halmahera Tengah sekaligus dipercaya sebagai wakil Sekjen DPP Golkar adalah modal utama yang bakal memanaskan pertarungan di Musda nanti. Musda Golkar ke-10 ini, rencananya dihadiri wakil ketua umum DPP Golkar Dr. Aziz Samsudin.

“Dari DPP yang akan hadir adalah wakil ketua umum, bapak Dr. Aziz Samsudin,” tutup Arifin. (sam

Berita Terkait

Maju Pilbup Halsel AHD Incar 10 Parpol, Intip Profilnya
Marlina Buamona Bacabup Pertama yang Kembalikan Berkas ke Demokrat
Dicap Kader Wantex, Peluang Petahana Fifian Mus di PDIP Makin Tipis
PDIP Haltim Buka Pendaftaran Penjaringan Balon Cabup dan Cawabup
Rekomendasi ke MK, PKS Fokus Basri Salama Untuk 02
Selain Ishak Naser, PKB Ogah Terima Kader Lain dari NasDem 
PDIP Bidik 02 Sula
PKS Yakin Petahana Menang Pilbup Halsel Jika Berkoalisi dengan Gerindra
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 14:00 WIT

Maju Pilbup Halsel AHD Incar 10 Parpol, Intip Profilnya

Minggu, 21 April 2024 - 20:09 WIT

Marlina Buamona Bacabup Pertama yang Kembalikan Berkas ke Demokrat

Minggu, 21 April 2024 - 18:58 WIT

Dicap Kader Wantex, Peluang Petahana Fifian Mus di PDIP Makin Tipis

Minggu, 21 April 2024 - 18:18 WIT

PDIP Haltim Buka Pendaftaran Penjaringan Balon Cabup dan Cawabup

Minggu, 21 April 2024 - 14:29 WIT

Kota Ternate Jadi Tuan Rumah Kampanye ‘Lawan Obesitas’

Minggu, 21 April 2024 - 13:07 WIT

Diduga Korsleting Listrik, Kantor Bupati Pertama Halsel Ludes Dilalap Api

Sabtu, 20 April 2024 - 23:13 WIT

Rekomendasi ke MK, PKS Fokus Basri Salama Untuk 02

Sabtu, 20 April 2024 - 22:47 WIT

Selain Ishak Naser, PKB Ogah Terima Kader Lain dari NasDem 

Berita Terbaru

Headline

Maju Pilbup Halsel AHD Incar 10 Parpol, Intip Profilnya

Senin, 22 Apr 2024 - 14:00 WIT

Rapat persiapan pelaksanaan kampanye Lawan Obesitas oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate yang melibatkan stakeholder terkait dan juga dari Dinkes Provinsi Malut.

Advertorial

Kota Ternate Jadi Tuan Rumah Kampanye ‘Lawan Obesitas’

Minggu, 21 Apr 2024 - 14:29 WIT

error: Konten diproteksi !!