Kejari Periksa Kepala BPKAD dan Sekkot Ternate

  • Whatsapp

TERNATE — Haliyora, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate hari ini, Senin (23/12/2019), memanggil dan memeriksa Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Taufik Jauhar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Keduanya diperiksa oleh jaksa terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018.

Bacaan Lainnya

Taufik Jauhar dan M. Tauhid Soleman diperiksa pada waktu yang berbeda. Taufik lebih dulu memenuhi panggilan jaksa dan menjalani pemeriksaan selama kurang lebih empat jam. Dimulai pada pukul 10.15 WIT dan berakhir pada pukul 14.30 WIT.

Selanjutnya, Sekkot Ternate, M. Tauhid Soleman tiba di kantor Kejari Ternate sekitar pukul 11.30 WIT, untuk menemui jaksa penyidik. Tak lama berselang, Tauhid meninggalkan kantor Kejari karena pemeriksaan terhadap dirinya diundur hingga sore hari.

Kepala BPKAD Kota Ternate, Taufik Jauhar menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan berkaitan dengan posisinya sebagai Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Ternate.

“Pemeriksaan oleh tim penyidik tadi menyangkut dengan kasus Haornas 2018. Ada sekitar 10 atau 11 pertanyaan yang diajukan oleh tim penyidik,” ujarnya usai pemeriksaan.

Taufik juga menjelaskan bahwa pemanggilan terhadap dirinya dilakukan oleh tim penyidik untuk dimintai keterangan terkait dugaan kasus Haornas tersebut. Ia menambahkan bahwa dirinya siap jika dilakukan pemanggilan ulang.

“Saya siap dan akan datang jika ada pemanggilan kembali oleh penyidik,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekda Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan bahwa kehadirannya di kantor Kejari Ternate untuk memenuhi panggilan penyidik guna memberikan keterangan sebagai saksi terkait dugaan kasus korupsi anggaran Haornas 2018.

Meski sempat tertunda, pemeriksaan terhadap Tauhid akhirnya dilakukan pada pukul 16.00 WIT. Berlangsung selama kurang lebih tiga jam, pemeriksaan baru berakhir pada pukul 19.20 WIT.

Kasi Pidsus Kejari Ternate, Edri Adyanto Pontoh ketika ditanyai wartawan, membenarkan pemeriksaan terhadap Sekkot dan Kepala BPKAD Kota Ternate.

“Mereka, Sekda Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Kepala BPKAD Kota Ternate, Taufik Jauhar diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan korupsi anggaran Haornas 2018 yang sedang ditangani jaksa,” ungkapnya. (ata)

Pos terkait