Menu

Mode Gelap

Kasus · 19 Nov 2018 18:11 WIT ·

Boikot Jalur Bandara, Gas Airmata Bubarkan Aksi Kopra


					Boikot Jalur Bandara, Gas Airmata Bubarkan Aksi Kopra Perbesar

Ternate, Haliyora.com

Aksi ribuan mahasiswa yang duduki ruas jalan keluar masuk bandara Baabullah Ternate, tepatnya di depan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate kampus Akehuda, Senin (19/11/2018) yang menyuarakan tentang anjloknya harga jual kopra yang dianggap menyengsarakan warga tani di Maluku Utara (Malut), berujung dengan kericuhan.

Dianggap menyebabkan kemacetan selama berjam-jam dan menggangu aktifitas pengendara untuk keluar masuk Bandara, ribuan massa aksi yang tergabung dalam Koalisi Perjuangan Rakyat (Kopra) itu dipaksa bubar pihak kepolisian yang menjaga keamanan aksi tersebut.

Amatan Haliyora.com, sebelumnya pihak kepolisian telah meminta untuk menyelesaikan aksi tersebut lewat hearing. Namun, massa aksi yang tergabung dari berbagai elemen gerakan dan kampus itu tidak berniat untuk berhenti melakukan aksi yang meminta agar pemerintah daerah dan pusat untuk menaikan harga Kopra itu.

Saling dorong pun terjadi antara Kepolisian dan pengunjuk rasa yang mengakibatkan insiden baku lempar antara dua pihak dimana polisi kemudian melepaskan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa.

[artikel number=5, tag=”kopra,unjras,mahasiswa” ]

Kapolres Kota Ternate, Kapolres Kota Ternate, AKBP Azhari Juanda saat dikonfirmasi wartawan usai membubarkan aksi di depan mengatakan, niat kepolisian ingin melakukan hearing untuk mencari solusi, tapi massa aksi rupanya tidak mau dan tetap melakukan perlawanan.

“Kasihan juga dengan para pengguna jalan lain yang beraktifitas melalui lajur jalan menuju Bandar tersebut jadi terganggu jugakan,” katanya.

Azhari mengaku, sebenarnya pihak kepolisian tidak ingin melepaskan gas air mata atau membubarkan paksa massa aksi. “Tapi karena massa tidak mau dimediasi maka langkah yang diambil kepolisian adalah melepaskan gas air mata agar tidak memboikot jalan lagi,” tutupnya. (fir)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Editorial Team

Baca Lainnya

Pekan InI, Kasus Stadiun Kota Maba Dilimpahkan ke Pengadilan

15 Agustus 2022 - 08:35 WIT

Gegara Tapal Batas, Dua Desa di Sula Bentrok

14 Agustus 2022 - 11:45 WIT

Keberadaan Tiga Tersangka Kasus Korupsi Proyek Puskesmas Sahu-Tikong ‘Ghoib’

13 Agustus 2022 - 11:08 WIT

Dua Kelompok Pemuda di Morotai Terlibat Bentrok, 2 Rumah Warga Rusak

13 Agustus 2022 - 07:51 WIT

20 Orang Napi di LPKA Kelas II Ternate Dapat Usulan Remisi

12 Agustus 2022 - 10:14 WIT

95 Napi Lapas Sanana Diusulkan Dapatkan Remisi HUT RI

12 Agustus 2022 - 07:36 WIT

Trending di Kasus
error: Content is protected !!