Sandiaga: “Utamakan Tenaga Lokal, Maritim Malut Bisa jadi Kekuatan Bangsa”

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno berkesempatan untuk mengunjungi Provinsi Maluku Utara (Malut) khususnya di Ternate, Selasa (6/11/2018). Meski belum sempat mengelilingi provinsi kepulauan ini, mantan Wakil Gubernur DKI yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 itu kagum akan potensi sumber daya alam (SDA) Malut.

Bacaan Lainnya

“Maluku Utara merupakan daerah yang luar biasa dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam-nya. Memiliki potensi luar biasa. Walaupun saat ini harga-harga bahan pokoknya berada di posisi tertinggi yaitu di peringkat ke-3 se-Indonesia,” ucapnya pada wartawan di Gedung Duaffa Center.

Sandi, sapaannya, menilai, Malut punya banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan. “Bagaimana menghadirkan kebijakan yang mendahulukan lapangan pekerjaan (tenaga kerja) bagi putra dan putri Maluku Utara. Di sini banyak gempuran dari tenaga kerja asing,” ungkapnya.

[artikel number=3, tag=”pemilu” ]

Sandi menambahkan, jika terpilih, dirinya berjanji akan mengutamakan tenaga kerja lokal. “Investasi boleh masuk. Tapi yang harus diutamakan adalah tenaga kerja lokal yaitu tenaga kerja yang saat ini hanya berharap menjadi PNS. Padahal yang diterima hanya sedikit. Jadi ini yang menjadi pusat perhatian Prabowo-Sandi di Mauku Utara adalah membuka lapangan kerja seluas-seluasnya,” tuturnya.

Selain itu, Sandy juga menambahkan, Maluku Utara merupakan daerah maritim yang luasnya lebih dari tiga atau empat provinsi di Sulawesi. “Kedepan kekuatan ini harus menjadi kekuatan bangsa agar bisa menopang kehidupan rakyat dan tidak bergantung pada hasil sektor pertanian saja,” tutupnya. (rif)

Pos terkait