Jelang Lebaran, Sapi dari Sula Dikirim ke Sulsel dan Sulteng

  • Whatsapp

Sanana, Maluku Utara- Balai Karantina Kelas II Sanana mencatat terjadi lonjakan pengiriman hewan kurban di pelabuhan Sanana jelang lebaran idul Adha 1442 H.

Plt. Kepala Balai Karantina Kelas II Sanana, Arif Widiantoro, saat ditemui Haliyora, Sabtu (17/7/2021) mengatakan, tahun sebelumnya Balai Karantina belum mengizinkan pengiriman hewan dari Sanana ke luar daerah, namun tahun ini pihaknya telah memberikan peluang pengiriman hewan ke luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Sehingga terutama jelang lebaran ini terjadi lonjakan pengiriman hewan ke luar Sula. Sekarang kebanyakan dikirim ke Taliabu, Bacan (Halsel), Luwuk (Provinsi Sulawesi Tengah), dan Bone (Provinsi Sulawesi Selatan),” terangnya.

Dikatakan, data pengiriman hewan kurban ke luar Sula sejak hari H-4 hingga sekarang mengalami peningkatan. “Hingga hari ini sudah tercatat sebanyak 79 ekor Sapi, 24 ekor Kerbau, dan 115 ekor Kambing dikirim ke luar Sula di beberapa daerah yang saya sebutkan tadi,” rinci Arif.

Disampaikan, semua hewan yang dikirim ke luar dari Sula telah diperiksa kesehatannya.

“Semua hewan yang dikirim oleh pemiliknya itu kami lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu seperti pemeriksaan fisik, uji darah, serta pemberian vitamin. Tetapi untuk hewan kurban di Kabupaten Sula sendiri, pemeriksaan kesehatannya bukan kewenangan kami (Balai karantina Kelas II Sanana) tapi kewenangan UPTD Peternakan,” terang Arif. (Sarif-1)

Pos terkait