Gugat Pilkada Halsel ke MK, Hello Klaim Terjadi Migrasi Suara di 139 TPS

Halsel, Haliyora

Pasangan Calon Bupati Halmahera Selatan Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan (Hello) telah menyerahkan permohonan hasil rekapitulasi perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Bacaan Lainnya

Aduan Paslon Bupati/Wakil Bupati Halsel nomor urut 01 Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan (Hello), melalui 12 kuasa hukum sebagaimana tercantum dalam dokumen Permohonan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Informasi ini dibenarkan salah satu kuasa hukum Hello, Fahrudin Moloku saat dikonfirmasi haliyora via whatsApp, Senin (28/12/20).

Menurut Fahrudin, isi laporan permohonan ke MK itu sesuai dengan isi dokumen yang dilaporkan dan dapat diakses ke laman http://www.mahakamahkonstitusi.com.

Ke-12 pengacara itu dikuasakan berdasarkan Surat Kuasa Khusus Nomor 06 HELLO-HUMANIS/XX/2020 tanggal 16 Desember 2020, diantaranya :

1. Dr. BAMBANG WIDJOYANTO.
2. ISKANDAR SONHADJI, S.H
3. HERYANTO, S.H., M.H.
4. AURA AKHMAN, S.H., M.H.
5. REGGINALDO SULTAN, S.H., M.M.
6. ISKANDAR YOISANGADJI, S.H., M.H.
7. MUHAMMAD THABRANI, S.H., M.H
8. TAUFIC SYAHRI LAYN, S.H., M.H
9. FAHRUDIN MALOKO, S.H.
10. SUWARJONO BUTURU, S.H., M.H.
11. SAFRI NYONG, S.H
12. PANGERAN, S.H., S.I.Kom (ADVOKAT MAGANG).

Sebagaimana tercantun dalam dokumen tersebut, menurut pemohon, pihaknya memiliki kedudukan hukum memohon membatalkan putusan KPU Halsel nomor 850/PL.02.6-8204/kpt/KPU-Kab/XII/2020 tentang putusan rekapitulasi hasil perolehan suara dan hasil Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan 2020 (Pemilukada).

Disebutkan pula, Paslon Hello mengajukan ke MK sesuai perundang-undangan yang berlaku, dengan pokok permohonan yakni hasil rekapitulasi perolehan suara pemohon (Hello) berada di urutan kedua dengan suara sebanyak 51.097 sedangkan paslon nomor urut 2 meraih suara sebanyak 62.348 total suara sah 113.445.

Tertera dalam dokumen tersebut, bahwa berdasarkan hasil perolehan suara, menurut pemohon, pihaknya berada di urutan pertama dengan jumlah suara sebanyak 61.860 sedangkan paslon nomor urut 2 Usman-Bassam meraih suara 56.852, jumlah suara sah 118.712

Selanjutnya menurut Pemohon, selisih perolehan suara Pemohon tersebut disebabkan adanya:

a. Pengurangan suara Pemohon di 139 TPS 90 Desa yang tersebar di Dapil I (Kecamatan Bacan Barat, Kecamatan Bacan Barat Utara,
Kecamatan Kasiruta Barat, Kecamatan Batang Lomang), Dapil II Kecamatan Kayoa, Kecamatan Kayoa Utara, Kecamatan Kayoa
Selatan, Kecamatan Kayoa Barat, Kecamatan Pulau makian, Kecamatan Makian Barat) Dapil III (Kecamatan Gane Barat, Kecamatan Barat Utara, Kecamatan Gane Timur Tengah), Dapil IV (Kecamatan Obi Selatan, KecamatanObi Timur), Dapil V (Kecamatan Bacan Timur, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kecamatan Bacan Timur Selatan, Kecamatan Mandioli selatan) dan TPS di Kecamatan Bacan secara keseluruhan.

Dijelaskan juga bahwa terjadi penambahan suara bagi Pasangan Calon Nomor Urut 2 di di 139 TPS yang tersebar di Dapil I Halmahera Selatan. (Asbar-3)

Pos terkait