Di Kota Ternate, Perayaan Natal dan Tahun Baru Dilarang

Ternate, Haliyora 

Pemerintah Kota Ternate imbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan natal tahun 2020 dan tahun baru 2021. Imbauan ini sebagai langkah ikhtiar pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Ternate, Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Operasi Satgas Covid 19 Arif Gani membuat Surat Edaran dengan Nomor : 180/154/2020 tentang pelaksanaan perayaan natal tahun 2020 dan perayaan pergantian tahun baru 2021 dalam rangka adaptasi kebiasaan baru atau pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 covid 19 di Kota Ternate.

Dalam penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) serta memperhatikan penerapan adaptasi Kebiasaan baru sebagai upaya guna pemutusan mata rantai penyebab Covid 19 di tengah pelaksanaan Perayaan Natal Tahun 2020 dan Perayaan Pergantian Tahun 2020 ke 2021, maka dengan ini disampaikan beberapa imbauan sebagai Berikut.

“Bagi seluruh pengurus rumah ibadah yang melaksanakan perayaan natal dan Tahun Baru, tetap dapat membuka rumah ibadah guna menjalankan ibadah dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat di tempat ibadah melalui koordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kota ternate, dan berpedoman pada Peraturan Walikota Ternate Nomor 20 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Pencegahan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019,” kata Arif dalam surat edarannya.

Masyarakat Kota Ternate dari berbagai kalangan pada saat malam pergantian tahun, tidak diberikan izin keramaian dan dilarang untuk mengadakan keramian dalam bentuk apapun, baik kegiatan di dalam gedung maupun di luar gedung termasuk mengadakan pesta kembang api dan konvoi berkendara di jalan

“Bagi pengurus masjid  dan umat muslim yang di setiap pergantian tahun melaksanakan zikir bersama  diimbau untuk membatasi jumlah peserta zikir dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan atau bisa melaksanakan zikir tersebut di rumah masing-masing,” papar Arif.

Dalam menghadapi liburan natal dan tahun baru, diimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ternate, untuk sebisa mungkin menghindari aktifitas berpergian keluar kota guna melindungi diri dan keluarga dari penyebaran covid 19

“Bagi seluruh pelaku penanggungjawab usaha jasa keparawisataan dan hiburan umum pada tanggal 31 Desember 2020 malam pergantian tahun, tidak melaksanakan kegiatan perayaan hiburan dan sejenisnya dan membatasi jam operasi hingga pukul 21:00 WIT,” tambahnya.

Pemerintah juga meminta kepada seluruh camat, lurah, RT/RW, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat bersama dengan satuan tugas penanganan covid-19 Kota Ternate untuk selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas dan senantiasa mengkampanyekan perubahan prilaku dalm melakukakan 3M, Mamakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak atau Mengindari Kerumunan. (Sam-3)

Pos terkait