40 Anggota KPPS Taliabu Reaktif Rapid Tes

Bobong, Haliyora

Sebanyak 40 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS) Kabupaten Pulau Taliabu dinyatakan reaktif rapid tes setelah mengikuti rapid tes massal yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat, pada Selasa (01/12/2020)

Bacaan Lainnya

Ini disampaikan oleh juru bicara Satgas covid-19 kabupaten Pulau Taliabu, Aema La Rakaba kepada haliyora, Rabu (02/12/2020).

“Kemarin (Selasa) ada 280 orang anggota KPPS ikut rapid tes di kantor KPU dan 40 orang yang reaktif. Hari kita akan langsung swab 40 orang yang reaktif itu. Sementara ini meraka jalani karantina mandiri,” ungkap Aema.

Terpisah, Ketua KPU  Kabupaten Pulau Taliabu, Arisandi La Isa saat diwawancarai Haliyora, Selasa (01/12/2020) mengatakan, seluruh penyelenggara mulai dari tingkat kabupaten hingga desa wajibkan melakukan rapid tes sebelum hari H pencoblosan.

“Ini berlaku nasional, jadi semua penyelenggara mulai dari tingkat atas hingga paling bawah wajib melakukan rapid tes sebelum memasuki hari pencoblosan,” katanya

Ia menambahkan, bila dalam rapid tes ditemukan ada yang reaktif atau bahkan sampai pada tingkat positif covid-19 maka yang bersangkutan akan digantikan dengan anggota lain.

“Jadi kalau memang nanti ada yang reaktif atau positif sesuai hasil rapid tes dan swab maka otomatis yang bersangkutan akan di ganti bila belum sembuh jelang hari H. Untuk penggantinya juga kami sudah siapkan, jadi kalau mereka belum sembuh maka kita langsung ganti,” jelasnya. (Ham-1)

Pos terkait