Tinjau Operasi Yustisi, Walikota Ternate: Semoga Masyarakat Patuhi Protoko Kesehatan

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Tim Gabungan Gugus Tugas Covid-19 , TNI/Polri, Kejaksaan, Pangadilan Negeri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Ternate melakukan operasi Yustisi, Senin (21/09/2020) di pusatkan di depan Mall Jati Land Ternate.

Bacaan Lainnya

Operasi Yustisi Ini dilakukan untuk merazia warga yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus antisipasi menghadapi Pilkada Serentak 2020.

Pantauan Haliyora.com, pada Senin (21/09/2020) terlihat Walikota ternate Burhan Abdulrrahman meninjau langsung ke lokasi operasi.

Kepada sejumlah wartawan, Burhan mengatakan, operasi Yustisi, pada Senin pagi itu berjalan baik.

“Alhamdulillah pagi ini saya meninjau langsung jalannya operasi yustisi dan ini sudah berjalan baik. Saya harap operasi ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan,” imbuh Burhan di sela-sela peninjauan, Senin (21/09/2020)

Masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan yakni memakai masker, lanjut Burhan, akan langsung ditindak dengan jalan menjalani sidang ditempat serta langsung membayar sanksi denda seperti diatur dalam Perwali Nomor 20 Tahun 2020.

Meski begitu, kata Burhan, tidak semua masyarakat yang melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi denda, ada juga dikenakan sanksi sosial.

“Ini akan terus dilaksanakan sehingga upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kota Ternate bisa lebih maksimal lagi,”ujar Burhan menambahkan.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, upaya pencegahan penyebaran Virus Corona adalah satu keharusan, terutama menghadapi Pilkada 9 Desember 2020 yang tahapan-tahapannya sudah berrjalan saat ini.

“Ini merupakan suatu keharusan, sebab jika tidak, bisa mempengaruhi partisipasi pemilih. Kalau bulan depan kasus kita naik, maka di Desember nanti orang semakin takut untuk keluar rumah. Karena itu kita lakukan antisipasi dari sekarang,” jelasnya.

Dikatakan Burhan, operasi yustisi akan dilaksanakan terus dan mereka yang melanggar akan disidang di tempat. termasuk ASN yang tak patuh protokol kesehatan.

“Nanti akan berpindah-pindah tempatnya. Hari ini di Ternate Tengah, besok mungkin di Selatan dan seterusnya, sehingga masyarakat bisa makin sadar terhadap kewajiban mentaati protokol kesehatan,” tutupnya. (Sam-1)

Pos terkait