KPU Haltim Gelar Pleno Hasil Verifikasi Dokumen Bapaslon

  • Whatsapp
Rapat Pleno KPU Haltim

Maba, Haliyora.com

Rapat Pleno penyampaian hasil Verifikasi dokumen persyaratan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Timur, Tahun 2020 digelar, pada Senin (14/09/2020). Pleno terbuka itu khusus menyampaikan syarat calon pada saat Pendaftaran.

Bacaan Lainnya

Kepada wartawan, komisioner Devisi Tekhnik KPU Haltim, Mudafir mengatakan, hasil pleno akan diverifikasi oleh KPU tentang keabsahan dokumen persyaratan calon.

“Rapat Pleno terbuka penyampaian Hasil verifikasi Dokumen Persyaratan Bakal Calon hanya dikhususkan pada syarat calon pada saat Pendaftaran, kemudian teman-teman verifikator memeriksa keabsahan Dokumen tersebut,”tutur Mudafir, Senin (14/09/2020).

Katanya, dokumen calon ketiga Bapaslon rata-rata ada perbaikan, baik pasangan Abdu-Aziz, Thaib-Noverius, dan Ubaid-Anjas ada perbaikan semua, kecuali hasil verifikasi dokumen Ubaid Yakub sebagai calon bupati pengganti belum disampaikan, karena baru diverifikasi beberapa hari lalu dan masih punya waktu tiga hari.

“Terkait dengan pa Ubaid kemarin itu kita suda melakukan verifikasi menyangkut dengan pencalonan, dan syarat calon kita masih punya waktu tiga hari untuk melakukan verifikasi dokumennya,”jelasnya.

Katanya, terkait hasil verifikasi tersebut yang bersangkutan tidak lagi melakukan perbaikan terhadap seluruh dokumen syarat calon, karena suda memenuhi syarat calon.

Sementara, kata Mudafir, untuk berkas syarat calon masing-masing paslon sudah harus melakukan perbaikan dokumen mulai tanggal 14 Sampai 16 September 2020. “Jadi waktunya hanya tiga hari,”ujarnya.

Ia menambahkan, khusus penundaan pemeriksaan kesehatan terhadap Ubaid Yakub dan Aziz Ajarat, KPU telah mengeluarkan surat keputusan nomor 6/HK. Pemeriksaan kesehatan lanjutan untuk keduanya dijadwalkan tanggal 01-25 September.

”Itu jadwal dari Ikatan dokter Indonesia (IDI) untuk pak Ubaid Yakub dan pa Aziz Ajarat,”jelasnya.

Mudafir mengingatkan agar masing-masing bakal pasangan calon tetap menjalankan protokol kesehatan sebagaimana hal yang tidak terpisahkan dari tahapan pilkada.

“Itu hal penting yang harus diperhatikan masing-masing pasangan calon,”harap Mudafir. (Awhy-1)

Pos terkait