Bawaslu Rekomendasikan 3 Pajabat Halut ke KASN

  • Whatsapp
Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Halut Iksan Hamiru

Tobelo, Haliyora.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) akan melaporkan tiga pelanggar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Halut 2020 ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Bacaan Lainnya

Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Halut, Iksan Hamiru menuturkan, pelanggaran netralitas ketiga ASN itu diketahui karena memberikan like dan komentar di media sosial pada postingan salah satu Pasangan Bakal Calon Bupati Halut.

“kami suda kantongi tiga orang ASN, yang memberikn like dan posting Balon di medsos,” ujar Iksan saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya, selasa (8/9).

Lanjutnya, ketiga pelanggara netralitas ASN itu yakni Kadis Kominfo Halut Deky Tawaris, Camat Tobelo Utara Husni Hak dan Camat Galela Muhamad Kacoa, ketiganya sudah dilakukan pemanggilan klarifikasi dan sementara berkas rekomendasinya sudah rampung dan akan di laporakan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“sudah dilakukan penanganannya, dan dalam waktu dekat dilaporkan ke KASN,”tutur Iksan.

Dia menjelaskan, Bawaslu dalam penanganan kasus pelanggaran Pemilu yang dilakukan ASN bersandar pada Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PP no. 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, PP no 42 tahun 2014 tentang pembinaan jiwa korsp dan kode etik PNS, SE KASN No. B-2900/KASN/11/2017 tgl 10 November 2017 tentang pengawasan netralitas ASN pada pilkada serentak 2018. Surat Menpan-RB No. B/71/M,SM,00,00/2017, Tgl 27 Desember 2017, tentang pelaksanaan netralitas ASN.

“Hasil putusan penanganan pelanggaran ketiga ASN itu, Bawaslu telah merekomendasi ke KASN, berupa pelanggaran, Administrasi dan pemecatan, namun semua itu tergantung KASN,”pungkasnya. (Arafik_2)

Pos terkait