DPRD Halsel Sesalkan Bupati Bahrain Tak Hadiri HUT RI

  • Whatsapp
Wakil Ketua II DPRD Halsel Muslim Hi Rakib (foto: Asbar/Haliyora.com)

Halsel, Haliyora.com

Ketidak-hadiran Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Senin (17/8), disoroti sejumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Halsel.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua II DPRD Halsel Muslim Hi Rakib, saat ditemui Haliyora.com usai upacara di kantor Bupati, menyayangkan ketidakhadiran Bupati dalam agenda penting kenegaraan yakni Hut RI.

“Sebagai Kepala Daerah, Bahrain harusnya berada di tempat untuk menjadi Inspektur Upacara pada momentum penting tersebut. Apalagi Bupati sebagai pucuk pimpinan daerah Halsel, agenda penting apapun harus ikut dalam upacara Hut RI karna ini merupakan momen sangat penting yang dirayakan setiap Tahun sekali,” sesal Politisi PKB ini.

Muslim mengaku, dirinya tidak mengetahui kesibukan dan juga keberadaan Bupati Bahrain Kasuba, sehingga tidak bisa menghadiri Upacara HUT RI yang digelar di Lapangan Kantor Bupati Halsel di jalan Karet, Desa Kampong Makian Kecamatan Bacan Selatan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Halsel H.Sagaf Hi Taha (foto : Asbar/Haliyora.com)

Sejalan dengan itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Halsel Sagaf Hi Taha, saat dihubungi Haliyora.com melalui pesan whatsapp juga menyayangkan hal yang sama. Kata dia, ketidak-hadiran Bupati dalam Upacara HUT RI pagi tadi, seharusnya Pemda menjelaskan kepada Publik terkait keberadaan Bupati dan agenda apa sehingga harus lalai dalam momentum HUT RI Tahun ini.

“Sekda Halsel harus menjelaskan posisi Bupati saat ini dan dalam rangka apa Bupati meniggalkan daerah sampai momentum kenegaraan HUT RI yang ke 75 ini tidak hadir, seorang kepala daerah tidak hadir dalam upacara atau momentum kenegaaran Republik Indonesia, publik pasti bertanya-tanya”, cetusnya.

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, bahwa selain absen dalam Upacara HUT RI pagi ini, Bupati Halsel Bahrain Kasuba juga memiliki kebiasaan buruk yang sering tidak menghadiri agenda-agenda penting daerah lainnya seperti Paripurna yang diselenggarakan DPRD.

“Bukan baru kali pertama agenda penting yang tidak dihadiri Bupati Halsel, namun agenda penting Paripurna yang digelar juga sudah sering absen tanpa alasan yang jelas,” akunya kesal.

Sebelumnya, Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe dan Kabag Humas Pemda Halsel Mujibur Rahman yang dikonfirmasi Haliyora.com, Minggu (16/8) kemarin, mengaku tidak mengetahui pasti keberadaan Bupati hingga tidak bisa mengikuti Upacara HUT RI yang digelar Pemda.

Akibat absennya Bupati Bahrain Kasuba, akhirnya Wakil Bupati Iswan Hasjim ditunjuk menjadi Inspektur Upacara pengibaran Bendera pagi tadi maupun Penurunan Bendera merah putih yang digelar sore tadi. (Asbar)

Pos terkait