Belajar Tatap Muka di Tunda, Ini Penjelasan Kadis Pendidikan Kota Ternate

  • Whatsapp
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Ibrahim Muhammad

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Kota Ternate rencana memulai kembali belajar mengajar di sekolah dengan metode tatap muka.

Bacaan Lainnya

Beberapa sekolah sudah ditunjuk untuk menyelenggarakan simulasi belajar tatap muka, pada Selasa (18/08/2020) besok. Namun nampaknya rencana tersebut urung dilaksanakan.

Belajar mengajar di sekolah atau metode tatap muka belum bisa dilaksanakan besok. Kita masih tunda,” Demikian kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate. Ibrahim Muhammad kepada Haliyora.com, Senin (17/08/2020) di Kantor Walikota Ternate.

Penundaan itu, kata Ibrahim, lantaran Gugus Tugas belum menyampaikan perkembangan status Kota Ternate, apakah masih zona orange atau sudah berubah ke zona kuning atau hijau.

“Penundaan ini terjadi karena sampai sekarang Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate belum menyampaikan status daerah terkait pandemi Covid-19. Apakah statusnya sudah berubah dari zona orange ke zona kuning, atau hijau. Jadi kita belum tau Ternate sudah termasuk zona yang dibolehkan membuka kembali sekolah atau belum,”kata Ibrahum.

Katanya, Dikbud hanya menunggu pemberitahuan Gugus Tugas tentang status zona. Jika statusnya sudah diketahui dan memungkinkan untuk dimulainya belajar mengajar tatap muka, maka pihak Dikbud sudah mengizinkan sekolah dibuka.

“Kami hanya tunggu pemberitahuan Gugus Tugas tentang status Zona di Ternate saja. Kalu sudah memungkinkan untuk dibuka sekolah, maka kita akan buka. Tapi sampai sekarang Kota Ternate masi Zona orange. Belum ada informasi perubahan status, sehingga Diknas tidak berani memulai kembali belajar mengajar tatap muka,” terangnya.

Sebab, sambung Ibrahim, berdasarkan edaran Mendikbud, hanya daerah yang berstatus zona hijau dan kuning saja boleh membuka sekolah, kalau daerah tersebut masih berada pada zona orange, maka belum bisa dibuka.

“Jadi untuk simulasi tetap masih di tunda, karena kita masih menunggu informasi dari Gugus Tugas. Olehnya, agar siswa tetap belajar, maka harus belajar di rumah dengan metode daring,”pungkas Ibrahim.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bidang Operasi Tim Gugus Tugas kota Ternate Arif Gani. “ Kalau Dinas Pendidikan sudah menyampaikan seperti itu maka tetap akan ditunda simulasi besok pada 18 Agustus 2020,” tandas Arif.

Arif menandaskan, sampai sekarang Kota Ternate masih berstatus di zona orange, maka untuk sementara belajar dengan metode tatap muka ditunda dulu. “ Nanti Tim Gugus Tugas melakukan pengecekan dulu, kalau sudah ada perubahan status ke zona Hijau atau kuning, baru kita sampaikan kepada Diknas Pendidikan,”tutup Arif. (Sam)

Pos terkait