Update Gempa Morotai: 143 Unit Bangunan Rusak, 9 Diantaranya Fasilitas Umum

  • Whatsapp
Rumah Warga dan Fasilitas lain Rusak Akibat gempa di Morotai (foto : Istimewa})

Ternate, Haliyora.com

Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Morotai kembali memperbaharui laporan kerusakan bangunan akibat Gempa Bumi Tektonik berkekuatan M 7,1 yang mengguncang Kabupaten paling Utara Provinsi Maluku Utara itu.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya dilaporkan terjadi Gempa Bumi pada, Kamis (04/06/2020) pukul 17.49.40 WIT merusak 52 bangunan di lima Kecamatan.

Namun sehari pasca gempa pihak BPBD setempat merilis kembali laporan kerusakan bangunan setelah meninjau langsung ke enam kecamatan terdampak bencana alam.

Dalam rilis terbarunya yang diterima Haliyora.com pada Jum’at siang (05/06/2020) dari Kabid rehabilitasi dan rekonstruksi BPDP Provinsi Maluku Utara, Roni M. Saleh bersumber dari Sekretaris BPBD Kabupaten Pulau Morotai, disebutkan kerusakan bangunan akibat Gempa sebanyak 143 unit, sembilan diantaranya fasilitas umum.

“Sebanyak 143 unit bangunan rusak termasuk sembilan fasilitas umum tersebar di enam kecamatan,”tulis riliis itu.

Laporan tersebut merinci, sebanyak 104 bangunan rusak ringan, 26 rusak sedang, dan 13 rusak berat, tersebar di enam kecamatan yakni; di Kecapatan Morotai Selatan sebanyak 11 bangunan rusak ringan, dua rusak sedang, dan satu rusak berat. Di Kecamatan Morotai Timur tiga bangunan rusak ringan.

Di Morotai Utara 62 bangunan rusak ringan, tujuh rusak sedang dan enam rusak berat.

Di Kecamatan Morotai Jaya lima bangunan rusak ringan, Sembilan rusak sedang dan enam rusak berat.

Di Kecamatan Pulau Rao kerusakan bangunan sebanyak tujuh rusak ringan. Dan di Kecamatan Morotai Selatan Barat terdapat 16 bangunan rusak ringan dan delapan rusak sedang.

Adapun sembilan fasilitas umum yang rusak tersebar di tiga kecamatan yakni enam unit di Kecamatan Morotai Utara dan tiga unit di Morotai Selatan Barat.

Sejauh ini belum dilaporkan ada korban luka maupun korban meninggal dalam peristiwa itu. (Red)

Pos terkait