Ketua DPRD Kota Ternate : Penyediaan Lahan Pekuburan Bagi Korban Meninggal Covid-19 Harus Tersedia

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com,-Ketua Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate Muhajirin Bailusy menyebutkan, beberapa langkah-langkah harus diantisipasi dalam penanganan Virus Corona (Covid-19). Salah satunya adalah penyediaan lahan kuburan untuk korban meninggal bagi penderita Covid-19. Hal itu merupakan rencana kontigensi dalam penanganan suatu bencana. Ini disampaiakan pada Haliyora.Com saat ditemui di kediamannya, Kamis (26/3).

Menurutnya, langkah-langkah kontigensi harus dibahas dengan jelas sebagai langkah antisipasi sejak pembentukan tim.

Bacaan Lainnya

“Ini mestinya dibahas secara jelas dan tuntas sejak pembentukan tim, yaitu mulai dari edukasi dan langkah-langkah selanjutnya termasuk antisipasi kuburan bagi korban yang meninggal akibat tertular virus corona”, ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam ketentuan, jika penderita Covis-19 meninggal, maka proses pengurusan jenazahnya tidak seperti jenazah biasa, harus tertutup bahkan lokasi kuburnya juga tertutup bagi masyarakat umum.

“Makanya butuh langkah-langkah antisipasi. Karena dalam kondisi seperti ini, keluarga yang meninggal pun tidak bisa mendekati sampai pada penguburan. Jika hal ini tidak diantisipasi sebagai langkah kontigensi, dan tidak ditangani melalui ketentuan maka akan lebih berdampak pada keluarganya dan lingkungan”, terang Gus Jir (Sapaan akrab Muhajirin Bailusy).

Namun begitu, ia berharap agar jangan sampai ada korban meninggal pada kasus Covid-19 di Maluku Utara.

“Ini hanya langkah astisipasi, ihktiar kita sebagai manusia, tapi mudah-mudahan Covid-19 ini tidak sampai memakan korban jiwa bagi warga masyarakat Maluku Utara”, imbuhnya. (Ichal)

Pos terkait