Pansus DPRD Halsel Setujui 3 OPD Baru

  • Whatsapp
Ketua Pansus OPD sekaligus Wakil Ketua Komisi I, Sagaf H. Taha

Halsel, Maluku Utara- Pemda Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengusulkan Ranperda tentang OPD. Di dalamya termuat pembentukan enam OPD baru, namun DPRD hanya menyetujui pembentukan tiga OPD baru.

Sebagaimana disampaikan Ketua Pansus OPD yang juga Wakil Ketua Komisi I, Sagaf H. Taha, kepada Haliyora, Senin (18/10/2021), bahwa Ranperda Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 Tahun 2018 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah yang diusulkan Pemerintah sebanyak enam OPD baru. “Semuanya memenuhi syarat namun Pansus mempertimbangkan berbagai hal sehingga hanya diterima tiga Ranperda pembentukan Dinas baru.

Bacaan Lainnya

“Jadi sebelum Ranperda tentang pembentukan enam OPD  disahkan, pansus OPD sudah berkonsultasi ke Kepala Biro Hukum dan Biro Organisasi Propinsi dan semua  OPD yang diusulkan memenuhi syarat, tetapi dengan pertimbangan tertentu oleh Pansus dan Legislasi eksekutif maka hanya diterima tiga  OPD baru,” terang Sagaf.

Dijelaskan, pemebentukan enam OPD baru yang diusulkan sebelumnya oleh Pemerintah adalah Dinas Lingkungan Hidup tipe B, Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan tipe C, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah tipe B, Dinas Parawisata dan Kebudayaan tipe A, dan Dinas Pemuda dan Olahraga tipe B, Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluh tipe B.

”Tapi pada Selasa, 12 Oktober kemarin, hanya disetujui pembentukan tiga dinas baru, yakni Dinas Lingkungan Hidup tipe B, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tipe C, dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Selain itu ada dua OPD yang dirubah nomenklaturnya, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan. Nanti akan disampaikan ke Pemprov Malut untuk dievaluasi,” terangnya.

Ditambahkan Sagaf, pandangan umum fraksi tentang Ranperda OPD, Ranperda Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh pada Kamis 28 Agustus 2021 lalu, juga telah mendapat respon dari Biro Hukum dan Biro Organisasi Propinsi Maluku Utara. “Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Asbar-1)

Pos terkait