Siswa SMA/SMK di Sula Belajar dengan Sistim PTM

  • Whatsapp

Sanana, Maluku Utara- Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Sula, Syawal Umanahu, kepada Haliyora, Minggu (18/07/2021) mengatakan, pihaknya menerapkan belajar mengajar secara daring dan tatap muka pada SMA dan SMK di Sula dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Untuk SMA dan SMK di Kepulauan Sula saat ini kami terapkan sistim belajar mengajar secara daring dan tatap muka. Jadi empat hari daring dan dua hari tatap muka dengan sistim pembagian shift, yakni waktu belajar dikurangi serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Kendala yang dihadapi saat ini, kata Syawal, adalah masalah jaringan internet untuk kegiatan belajar mengajar daring.

”Jaringan internet di Sula ini kurang baik, itu masalah yang kita hadapi saat terapkan sistim belajar daring. Itu juga mengapa selama pandemic Covid-19 lebih banyak kita pakai sistim tatap muka. Namun dengan adanya PPKM saat ini terpaksa kita ubah cara belajar mengajar. Porsi daring lebih banyak dari tetap muka. Ini juga karena kasus positif Covid-19 di Sula semakin melonjak,” ungkapnya.

Dikatakan, penerapan sistim daring dan tatap muka itu berdasarkan arahan Kemendikbud Riset Republik Indonesia.

Disampaikan, penerapan pendidikan daring dan tatap muka itu ditetapkan dalam rapat kordinasi degan pihak Kemendikbud Ristek di Bali bulan lalu tentang pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) setelah Pemerintah mengumumkan pemberlakuan PPKM Mikro.

“Intinya belajar secara daring dan tatap muka diterapkan bedasarkan kondisi perkembangan penyebaran Covid-19 sambil menunggu Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara. Kemungkinan belajar tatap muka bisa ditiadakan kalau kasus Covid-19 makin bertambah,” pungkasnya. (Sarif-1)

Pos terkait