Bupati Haltim Minta TNI/Polri Kawal Warga Maba Selatan Saat Beraktifitas di Hutan

Bupati Halmahera Timur saat melakukan silaturahmi dengan warga Bicoli dan Waci

Maba, Haliyora

Untuk menjamin rasa aman bagi warga di Kecamatan Maba Selatan, Bupati Halmahera Timur (Haltim), Ubaid Yakub meminta polri dan TNI melakukan pengawalan kepada warga, khususnya para petani saat melakukan aktifitas di hutan. Hal itu disampikan Bupati saat melakukan silaturahmi bersama warga desa Waci di mesjid Waci, Senin (03/05/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Ubaid, dihadapan Kapolsek Maba Selatan dan Danpos Desa Waci, mengatakan warga di Desa Waci sangat kesulitan secara ekonomi jika tidak beraktifitas di hutan. Pasalnya, selama ini mata pencarian utama masyarakat adalah bertani.

“Makanya saat ramadhan seperti ini, kalau mereka tidak ke hutan sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan kebutuhan hidup, belum lagi untuk memenuhi kewajiban ummat islam dalam ramadhan yakni menunaikan zakat fitrah,” jelas Ubaid.

Bupati mengaku  sudah berkordinasi secara langsung dengan Kapolsek  Maba Selatan dan pihak TNI yang berada di desa setempat untuk membackup petani saat beraktifitas di hutan.

“tapi pak Kapolsek minta agar kalau ke hutan lebih bagusnya berkelompok, supaya pengawalan bisa dengan mudah dilakukan, tidak mungkin semuanya kalau sendiri-sendiri ke hutan di kawal, ini juga harus dipahami masyarakat,” jelas Ubaid.

Sementara itu, untuk meminimalisir potensi penyerangan Orang Tak Dikenal (OTK) di hutan Kali Waci  yang sudah menewaskan banyak warga setempat, dirinya mengaku saat ini ada beberapa opsi yang sudah diperhitungkan oleh Pemerintah Daerah untuk ditindaklanjuti kedepan, baik pengamanan jangka pendek maupun jangka panjang. “Tapi saya belum mau sampaikan opsi apa yang kita siapkan. Saya bukan tipe orang yang hanya umbar-umbar rencana,” tandasnya.

“Yang jelas Pemda sudah melakukan koordinasi lintas intansi beberapa waktu lalu menyusul maraknya aksi penyerangan OTK di hutan,” tambahnya. (RH-1)

Pos terkait